Wow !!! Yamaha R1 ‘M’ Dibanderol lebih dari Setengah Miliar

y1m

BintangOtomotif.com – Yamaha All New YZF-R1 yang baru saja diluncurkan oleh PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing menghadirkan dua versi yaitu R1 dan R1 ‘M’. Namun yang menjadi pembicaraan saat ini adalah harga yang telah ditetapkan oleh pihak Yamaha untuk All New YZF-R1 motor gede ini dibanderol dengan harga yang sangat fantastis yaitu senilai Rp 495 juta sementara YZF-R1M diluncurkan dengan harga lebih dari setengah miliar rupiah lebih tepatnya Rp. 645 juta. Perbedaan yang cukup mencolok terlihat dari harga kedua motor gede ini. Harga yang dipatok oleh Yamaha ini setara dengan satu buah mobil Toyota Avanza Second. Namun yang saat ini menjadi pertanyaan para pecinta otomotif adalah hal apa yang membuat YZF-R1M bsia menembus angka yang terbilang cukup fantastis untuk ukuran harga sebuah sepeda motor.

All New Yamaha YZF-R1M ini adalah versi spesial dari All New YZF-R1 yang menyandang predikat motor produksi massal dengan spek tertinggi yang pernah diproduksi oleh pihak Yamaha. Versi ini mampu mengeluarkan potensi sejati dari All New YZF-R1 di trek balap. Hal ini telah dibuktikan pada ajang balap bergengsi Suzuka 8 Hours yang diselenggarakan di jepang. Pernyataan ini langsung diperoleh dari M. ABidin yang merupakan GM After Sales dan Motor Sport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing. Perbedaan dari dua seri motor ini terlihat sangat mencolok mencapai hingga 150 juta. Perbedaan sebanyak itu didapat dari ban, suspensi elektronik yang digarap brand ternama, lalu tutup (cowling) dengan bahan karbon dan juga sistem komunikasi penyetelan pada ECU yang berbeda.

Abidin juga membenarkan meskipun YZF-R1 dan YZF R1M ini satu generasi namun yang membedakan antara keduanya adalah penggunaan ban, cowling, electronic racing suspension dan ECU data logger. Untuk tipe YZF-R1M suspensinya dirancang khusus oleh Ohlins dengan teknologi electronic racing suspension (ERS) yang bisa diatur – atur sehingga sangat membantu pengendalian saat pengendara melakukan manuver. Motor ini juga didukung ECU data logger Communication Control unit (CCU) yang bisa menjembatani komunikasi rider dan mesin motor, selain itu juga memiliki fungsi untuk logging dan mensetting sepeda motor sesuai keinginan pengendara menggunakan smartphone. Selain itu penggunaan cowling berbahan karbon milik R1 M ini menggunakan roda depan yang sama dengan R1 tetapi memiliki diameter roda belakang yang lebih besar.

Selain dari itu perbedaan juga ada pada fitur – fitur yang melengkapi All New YZF-R1 dan YZF-R1M yang sudah mengadopsi teknologi MotoGP YZF-M1 dengan konsep pengembangan mesin balap yang ringan dan mampu bekerja pada putaran yang tinggi. Pengembangan juga dilakukan pada beberapa mesin terutama pada efisiensi intake dan Exhaust, penyempuranaan pembakaran, penggurangan gaya gesek dan inersia mass yang menghasilkan output power 200 PS lebih tinggi 18 PS dari tipe sebelumnya.

Anda mungkin juga berminat Lagi daripada pengarang

Ruangan komen telah ditutup.