Waspadai Macet di 2 Jalur Arus Balik di Lampung Ini

Musim mudik lebaran telah berlalu. Seiring dengan makin dekatnya hari kerja kantor dan pegawai pada umumnya, maka para pemudik siap-siap kembali ke kota asal untuk memulai aktivitas kerjanya sebagaimana biasanya. Maka, sejak hari minggu kemarin (19 Juli) beberapa mobil plat luar kota sudah mulai menampakkan aktivitas balik menuju ke kota asal.

Sebagaimana tampak di jalur mudik Lampung, banyak mobil plat luar Lampung mulai mamadati jalan raya di Lampung. Dari hasil pemantauan BintangOtomotif.com, plat nomor luar daerah didominasi pleh mobil berplat B dan D, dan juga beberapa plat nomor mendaraan dari kota lainnya.

Khusus Anda yang akan melewati jalan lintas tengah (Jalinteng) Lampung, berhati-hatilah terhadap jalur-jalur rawan kemacetan berikut ini:

1. Kawasan Bandar Jaya

Di daerah ini, sangat sering terjadi kemacetan. Apalagi saat seperti sekarang ini, dimana volume kendaraan sedang padat-padatnya. Seperti yang Kru Bintom alami kemarin sore (20/7), arus kedaraan dari arah Kotabumi arah Bandar Lampung, kemacetan terjadi 2 kilometer sejak sebelum jembatan Terbanggi.

Pihak kepolisian mengalihkan arus kendaraan ke arah terminal Betan Subing. Kemacetah kembali terjadi ketika kendaraan masuk kembali ke Jalan Lintas Sumatera. Kendaraan kru Bintom sempat terjebak kemacetan selama 2 jam  di wilayah ini. Kemacetan semakin diperarah dengan ulah sopir yang main serobot dari arah kiri dan kanan jalan. Kamacetan baru berakhir setelah melewati pasar Bandar Jaya, sekitar kompleks masjid Istiqlal, Bandar Jaya.

Ada baiknya, jika memungkinkan, upayakan melewati daerah ini pada jam-jam lengang. Pada tengah malam misalnya. Perkirakan jam keberangkatan Anda. Setelah melewati daerah ini, untuk menghindari kemacetan berikutnya di Simpang Tegineneng, ada baiknya lewata jalur alternatif, yaitu Simpang Terbanggi Besar, lalu ke arah Majapahit – Punggur – Metro – Metro Kibang – Sukadamai – Karang Anyar – Way Halim, Bandar Lampung. Atau bisa juga jalur Terbanggi – Kotagajah – Sukadana – Lintas Timur. Cuma untuk melewati daerah ini, harus hati-hati, terutama jika malam hari, mengingat penerangan yang masih amat kurang. Juga kondisi jalanan yang rusak dan banyak yang berlubang

2. Kawasan Simpang Tegineneng

Kawasan ini juga menjadi langganan kemacetan, terlebih seperti sekarang ini. Adanya pertemuan kendaraan dari arah Metro dan juga adanya penyempiotan badan jalan sepertinya menjadi penyebab utama kemacetan ini. (foto: @bandarlampung)

 

Anda mungkin juga berminat Lagi daripada pengarang

Ruangan komen telah ditutup.