Velg Mobil Panas Saat Digunakan? Ini Dia Penyebabnya

Dalam kondisi yang normal, velg mobil tidak akan mengalami panas yang berlebihan ketika mobil dipakai dalam perjalanan. Lalu, pernahkah Anda mengalami adanya panas yang berlebihan di velg mobil? Pertanda apakah ini?

Penyebab umum dari timbulnya panas berlebihan pada velg mobil adalah adanya gangguan pada sistem pengereman mobil. Kondisi ini umumnya disebabkan piston rem yang lambat kembali atau bahkan tidak kembali sama sekali setelah piston rem menekan kanvas rem.

Perlu diketahui bahwa pada saat dilakukan pengereman, maka piston rem akan menekan kanvas rem secara hidrolik ke tromol atau ke piringan rem (disc brake) yang menyebabkan putaran roda akan berkurang atau mobil berhenti. Begitu pedal rem dilepas maka kanvas rem akan terbebas dan tidak bersinggungan lagi dengan piringan dan tromol rem.

Jika salah satu piston rem mengalami kemacetan tentunya kanvas rem akan menekan piringan atau tromol rem secara terus-menerus. Gesekan yang terus-menerus antara kanvas rem dengan piringan atau tromol rem akan menimbulkan panas yang akhirnya merambat ke velg. Apabila velg panas terjadi ketika mobil sedang dikendarai maka lakukan pengecekan pada roda yang diduga macet. Caranya, pegang keempat velg roda mobil dan rasakan mana yang suhunya paling panas. Velg yang panas menunjukan sistem rem pada roda tersebut mengalami kemacetan.

Untuk memastikannya, lakukan pendongkrakan pada bagian roda yang velg-nya panas. Setelah terangkat, cobalah putar rodanya dan cek apakah putarannya lancar, seret, atau sama sekali tidak bisa diputar. Kalau roda benar-benar tidak bisa diputar mengindikasikan kondisi rem sudah macet.

Langkah pertama untuk mengatasi kondisi velg panas adalah dengan menghentikan kendaraan dengan tujuan mendinginkan velg, selama kurang lebih 30 menit sampai 1 jam. Selanjutnya mintalah bantuan bengkel resmi untuk memeriksa mobil Anda. Saat dalam perjalanan membawa mobil menuju bengkel, usahakan mengurangi frekuensi pengereman agar kejadian rem macet tidak terulang. Setelah sampai di bengkel, mekanik akan memeriksa sistem pengereman mobil Anda dan melakukan pergantian untuk beberapa komponen yang sudah aus atau rusak.

Anda mungkin juga berminat Lagi daripada pengarang

Ruangan komen telah ditutup.