Untuk Yamaha Vixion Lebih Baik Pakai Premium apa Partamax?

Vixion merupakan motor asalah pabrikan Yamaha dengan kapasitas 150 cc. Yamaha Vixion merupakan raja dikelas motor sport 150 cc. Walaupun banyak pabrikan lain yang ingin menggeser Yamaha Vixion itu tidak menghalangi penjualannya di Indonesia. Dengan teknologi injeksi membuat motor tersebut irit bahan bakar.

Namun Yamaha Vixion lebih cocok pakai premium atau partamax? Premium dan partamax memiliki perbedaan pada nilai oktannya. Nilai oktan adalah nilai yang menunjukan tingkat ketahanan pada bahan bakar terhadap suhu dan tekanan.

Kesimpulannya jika semakin tinggi nilai oktan yang terkandung pada bahan bakar maka bahan bakar tersebut memiliki tingkat ketahanan terhadap suhu dan tekanan juga semakin tinggi. Premium memiliki nilai oktan 88, partamax mempunyai nilai oktan 92 sedangkan pertamax plus memiliki nilai oktan lebih besar yaitu 95.

Masing masing sepeda motor tentunya memiliki perbandingan kompresi sendiri-sendiri, pengertian perbandingan kompresi adalah perbandingan antara volume silinder (ketika piston berada di TMB) sedangkan volume ruang bakar (ketika posisi piston bereada di TMA) perbandingan kompresi ini sangat berpengaruh terhadap bahan abakar yang digunakan.

Jika semakin tinggi perbandingan kompresi maka diperlukan bahan bakar yang mengandung nilai oktan yang semakin tinggi juga, pada motor vixion memiliki perbandingan kompresi 10,4 : 1. Lantas bahan bakar yang seperti apa yang cocok untuk motor Yahama Vixion? Ini kompresi yang perlu anda ketahui:

  • Premium (oktan 88) = perbandingan kompresi 7:1 hingga 9:1
  • Pertamax (oktan 92) = Perbandingan kompresi 9:1 hingga 10:1
  • Pertamax Plus (oktan 95) = Perbandingan kompresi 10:1 hingga 11:1

Jika anda sudah membacanya dengan seksama pastinya sudah jelas bahan bakar apa yang cocok untuk Yamaha Vixion. Pakai partamax juga memang pembakarannya bagus. Jika anda memiliki sepeda motor yang lain, coba cocokan saja dengan melihat perbandingan kompresi tersebut.

Lantas apa efek sampingnya jika sepeda motor memiliki perbandingan kompresi yang tinggi kemudian diisi dengan bahan bakar ang nilian oktannya rendah? Contohnya saja motor Vixion yang memiliki kompresi yang tinggi tapi menggunakan premiun yang nilai oktannya rendah.

Tentunya karena kompresi tinggi tapi diisi bahan bakar dengan nilai oktan rendah maka bahan bakar tersebut akan terbakar lebih awal karena tidak mampu menahan tekanan kompresi atau yang dikenal dengan pre ignition. Nah pre ignition ini akan menimbulkan knocking yang berpotensi merusak beberapa komponen.

Anda mungkin juga berminat Lagi daripada pengarang

Ruangan komen telah ditutup.