Uji Coba Pelat Ganjil Genap Dipastikan Akan Dimulai Setelah Lebaran

perhubungan (Dishub) DKI Jakarta memastikan akan menguji coba sistem ganjil-genap setelah lebaran nanti ditahun 2016. Ini adalah salah satu sistem dan akan dijadikan sebagai solusi yang ditawarkan oleh dinas perhubungan dalam mengatasi kemacetan yang selama ini belum bisa diatasi setidaknya bisa mengurangi kemacetan di Jakarata setelah penghapusan 3 in 1.

“ya seletah lebaran nanti akan diuji coba dulu,’’ kata Andri  Yansyah kata Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Jakarta.

Dia mengatakan mengenai penerapakn sistem ganjil-genap ini telah memasuki tahap pembahasan. Yang mana pembahasan tersebut akan dilakukan bersama Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) untuk membereskan penerapan kebijakan tersebut.

‘’Karna rencananya setelah lebaran ini akan melakukan uji cobanya, jadi dalam minggu-minggu dekan ini kami akan mematangkan mekanismenya. Terkait masalah mobil-mobil apa saja, pelaksanaanya bagaimana dan semua itu harus dibicarakan dengan Ditlantas direktorat lalu lintas Polde Metro Jaya,’’ ucap Andri.

Obrolan tersebut akan akan membahas mengenai penentuan metode apa yang akan digunakan dalam penerapan sistem ganjil-genap, atau bisa saja nantinya akan menggunakan tanggal atau hari dilihatnya. Meman telah direncanakan bahwa sistem ganjil-genap ini untuk menggantikan kebijakan 3 in 1 usai penghapusannya yang lalu. Dengan ketentuan yaitu mobil-mobil dengan plat ganjil hanya boleh melintas ketika tanggal-tanggal ganjil saja. Dan begitu sebaliknya mobil dengan plat genap hanya boleh melintas di jalanan Jakarta di tanggal-tanggal genap.

‘’Jadi untuk saat ini belum bisa kami jawab dulu karna masih tahap penggodokan. Ini masih pada tahap pembahasan menggunakan mekanisme seperti apa, kemudian penilangannya bagaimana seta solusi yang digunakan seperti apa,’’tambah Andri.

‘’Jika memang sudah disetujui yang sesuai dengan SOP-nya nantinya akan dilakukan uji coba terlebih dahulu selama satu bulan penuh semenjak diberlakukan,’’tambahnya.

Anda mungkin juga berminat Lagi daripada pengarang

Ruangan komen telah ditutup.