Toyota Vios Thailand Mengusung Mesin Baru, Bagaimana Dengan Vios Indonesia

Toyota Motor Thailand secarfa resmi meluncurkan Toyota Vios generasi terbaru. Sebagai model terbaru 2016 yang paling gres, pastinya Toyota telah mempersiapkan penampilan dari Toyota Vios generasi terbaru tersebut . Namun  nampaknya perubahan yang paling signifikan adalah pada bagian sector permesinan. Sedangkan untuk urutan teknisinya, Toyota telah memberikan mesin dan sisitem transmisi terbaru untuk mobil ini.

Untuk Toyota Vios versi Thailand, hadir dengan mengusung mesin yang berkapasitas 1.5 liter 2NR-FBE, yang berteknologi dual VVT-I. mesin tersebut telah menggantikan mesin lamanya yakni mesin yang berkapasitas 1.5 liter 1NZ-FE yang sudah digunakan sejak Toyota Vios generasi pertama. Maka dengan perubahan yang diberikan pada Toyota Vios Thailand, lalu apakah Indonesia juga akan melakukan hal seperti itu?

Menanggapi hal ini, Kepala Divisi Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM), Anton Jimmy mengatakan bahwa untuk pasar otomotif nasional, Toyota Vios diproduksi secara CKD (Complete Knock Down) di PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) dan hingga saat ini yanfg di produksi oleh perusahaan masih tetap sama seperti versi-versi sebelumnya yakni masih menggunakan mesin lama (1CNZ-FE).

Hal tersebut nampaknya di tegaskan oleh Anton yakni Anton mengatakan bahwa untuk sementara ini masih menggunakan mesin yang lama.

Menurut Anton mesin yang saat ini masih digunakan oleh Toyota Vios, masih terbilang bagus. Namun tetap saja untuk kedepannya TAM dan TMMIN akan terus melihat seperti apa perkembangan pasar yang ada. jadi untuk masalah penggantian mesin baru, perusahaan bukan semata-mata hanya mengikuti tren yang ada pada negara tetangga saja, namun monitor perkembangan pasar dan permintaan dari para konsumen.

Sekedar informasi saja bahwa mesin baru yang digunakan oleh Toyota Vios Thailand adalah mesin yang memiliki Tenaga sebesar 108 tenaga kuda dan torsi maksimal 140Nm. Sistem transmisinya juga sudah tidak lagi menggunakan otomatis 4 percepatan, namun telah berganti menjadi continuosly variable transmission (CVT).

Dan disamping itu, Vios New generation juga sudah dilengkapi oleh Vehicle Stability Control (VSC) Plus Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EDB), Brake Assist (BA) dan dual airbag.

Sedangkan di pasar Indonesia sendiri, terakhir kali Toyota meluncurkan Vios terbarunya pada bulan Mei 2013 lalu. Dan peluncuran tersebut tidak terpaut waktu yng jauh, hanya berselang dua bulan setelah diluncurkan di Thailand. Maka untuk itu, kehadiran Toyota Vios generasi terbaru juga tentunya tidak akan lama lagi karena saat ini sudah meluncur di negera Thailand.

Anda mungkin juga berminat Lagi daripada pengarang

Ruangan komen telah ditutup.