Toyota C-HR Concept Siap Menantang Honda HR-V Dengan Megandalkan Dua Mesin Turbocharged

Sang penantang Honda HR-V, yakni Toyota C-HR kini sudah mulai melakukan debut internasionalnya di ajang Frankfurt Motor Show 2015 yang telah berlangsung di di Frankfurt, Jerman pada beberapa pekan lalu. Menurut dari sumber internal Toyota, konsep crossover C-HR untuk versi produksi missal berikutnya akan diperkenalkan di acara gelaran Detroit Motor Show yang akan dilangsungkan pada bulan Januari 2016 mendatang.

Seperti yang dilansir oleh laman carandriver pada hari senin 28 Desember 2015, Toyota sendiri telah menyiapkan crossover terbarunya yakni Toyota C-HR Concept dengan dua pilihan mesin. Dan dua pilihan mesin tersebut adalah Toyota C-HR dengan menggunakan tenaga mesin konvensional, dan C-HR dengan menggunkan tenaga mesin ganda yang berupa mesin turbocharged dan hibrida. Opsi terakhir didukung dengan mesin yang berkapasitas 1,8 liter yang juga telah digunakan oleh Toyota Prius generasi terbaru.

Dijelaskan bahwa mesin hybrid yang akan digunakan oleh oleh kedua type dari Toyota C-HR ini telah dibangun dengan berdasarkan platform Toyota New global Architecture (TNGA). Namun sayangnya, output pada mesin C-HR versi hybrid lebih rendah seitar 14 tenaga kuda apabila dibandingkan dengan yang ada pada Toyota Prius, yakni hanya menjadi 121 tenaga kuda. Tenaga yang berasal dari kombinasi mesin dan motor elektrik itu dihubungkan dengan melalui transmisi otomatis CVT.

Toyota sendiri juga telah menawarkan dapur pacu konvensional C-HR dengan melalui mesin bensin yang berkapasitas 1,2 liter turbocharged yang mampu mengeluarkan tenaga hingga sebesar 114 tenaga kuda. Dan pabrikan asal Jepang tersebut juga telah menyediakan opsi penggerak roda depan atau all-wheel drive untuk seluruh varian Toyota C-HR.

Nampaknya Toyota memang agak terlambat untuk bermain di dalam segmen crossover atau low SUV, pasalnya mengingat bahwa para kompetitornya sudah lama merilis kendaraan di dalam segmen tersebut. Namun meski kemunculannya terlambat, tetapi pihak Toyota mengaku tetap optimis dengan Toyota C-HR. hal tersebut dikarenakn Toyota C-HR telah mengusung nuansa crossover generaso baru dengan menggunakan desain eksterior penuh dengan lekukan tegas dan elegan.

Varian Toyota C-HR yang akan bertempur di dalam segmen compact crossover itu rencananya akan dipasarkan di kawasan Amerika utara, Eropa dan juga pasar local di Jepang. Dan Toyota C-HR sendiri akan bersaing langsung dengan Honda HR-V dan Nissan Juke versi terbaru. Dan untuk kedepannya, Toyota C-HR akan mengusung lebel Scion khusus untuk unit yang akan dipasarkan di kawasan Amerika Serikat.

Anda mungkin juga berminat Lagi daripada pengarang

Ruangan komen telah ditutup.