Tips Praktis Mengendarai Motor Kopling Untuk Pemula

Bagi pemula, mengendarai motor dengan sistem kopling memang susah. Akan tetapi, dengan latihan rutin dan kebiasaan, maka mengendarai motor kopling tidak akan menjadi masalah lagi.

Motor kopling memang berbeda dengan motor jenis bebek biasa, yaitu pada perpindahan gigi. Untuk berpindah gigi, harus ada kombinasi yang pas antara penarikan handle kopling dengan penginjakan tuas gear. Jika tidak pas, maka mesin motor akan mati. Bagi pemula, ketika akan memulai menjalankan motor, seringkali mesin motor mati ketika akan memindahkan gear dari posisi netral ke gigi 1.

Umumnya, sepeda motor yang menggunakan kopling manual memiliki pola 1-N-2-3-4 atau 1-N-2-3-4-5. N menunjukkan posisi gigi netral atau nol. Dari posisi netral, untuk menuju ke gigi 1, penekanan tuas gear ke arah depan. Dari gigi 1 ke gigi 2, ke arah belakang. Gigi 2 ke 3 dan seterusnya ke arah belakang.

Nah, berikut ini tips atau panduan yang bisa rekan pelajari bagi yang sedang belajar motor kopling:

  1. Saat menghidupkan motor, pastikan posisi gear pada posisi netral. Biasanya ditandai dengan lampu indikator berwarna hijau. Lalu putar kunci ke arah kanan hingga motor menyala.
  2. Untuk memulai berjalan, tarik handle kopling secara penuh. Lalu tekan tuas transmisi ke arah depan. Jangan buru-buru dilepaskan handle kopling. Berikutnya, di saat yang sama, pelan-pelan lepaskan handle kopling sambil putar handle gas secara bersamaan secara perlahan hingga motor pun berjalan.
  3. Saat motor sudah berjalan dengan kecepatan sekitar 10-15 km/jam, berpindahlah ke gigi 2. Caranya, tarik handle kopling sampai penuh, lalu tekan tuas transmisi ke arah belakang. Setelah tuas transmisi dipastikan berpindah, lepaskan handle kopling.
  4. Berikutnya, seiring dengan bertambahnya kecepatan laju motor, pindahkan transmisi ke posisi gigi 3 dan seterusnya. Caranya sama seperti langkah pada tahap nomor 3.
  5. Saat akan berhenti, dalam kondisi handle gas free, tarik handle kopling sampai maksimal. Secara bersamaan pijaklah pedal rem hingga motor berhenti. Ingat, handle kopling masih tetap ditarik dan jangan dilepaskan.
  6. Berikutnya, arahkan transmisi gear ke posisi normal. Caranya, tekan tuas transmisi ke arah depan. Setelah berada di posisi gigi 2, tekan setengahnya saja dan jangan sampai ke posisi gigi 1. Setelah posisi netral, barulah handle kopling boleh dilepaskan dan tahap berikutnya adalah mematikan mesin motor.
  7. Matikan mesin motor dengan cara memutar kunci ke arah kiri hingga motor berhenti menyala.

Bagaimana? Mudah, khan?

Anda mungkin juga berminat Lagi daripada pengarang

Ruangan komen telah ditutup.