Tips Pintar Mudik Untuk Pengendara Motor dan Mobil Pribadi

Fenomena mudik merupakan salah satu keunikan yang sangat menarik dibeberapa negara termasuk Indonesia. Mudik merupakan salah satu agenda rutin bagi para perantauan kembali ke kampung halaman.

Dalam mudik tentu saja banyak memerlukan persiapan baik fisik dan non fisik, karena mudik memerlukan fitalitas tubuh yang baik sehingga dapat berkonsenstrasi saat berkendara atau saat melakukan perjalanan.

Selain itu kondisi selain fisik terkati dengan perlengkapan mudik seperti kendaraan jika pemudik menggunakan kendaraan pribadi. Pemudik dengan kendaraan pribadi membutuhkan persiapan yang matang dalam menyiapkan kendaraannya, terutama bagi pemudik yang melakukan perjalanan lebih dari 6 jam.

Untuk mengantisipasi berbagai macam hal yang tidak di inginkan dalam perjalanan supaya perjalanan mudik menjadi aman dan nyaman maka beberapa hal di bawah ini perlu dipersiapkan bagi anda yang mudik dengan kendaraan pribadi.

Tips Mempersiapkan Kendaraan Mudik Menggunakan Motor atau Mobil Pribadi

Tips Mudik Dengan Mobil Pribadi Yang Aman dan Nyaman

  1. Selalu mengontrol kesiapan kendaraan sebelum berangkat mudik dengan melakukan perawatan pada deler atau bengkel yang terpercaya.
  2. Lakukan pengontrolan mesin, ganti oli, tune up dan pengecekan alat perlengkapan perkakas mesin seperti obeng, tang, dongkrak dan sejenis lainnya.
  3. Sebelum berangkat dengan kendaraan anda, lakukan pengecekan ringan seperti memeriksa air radiator, tangki air wiper, level oli, minyak rem dan power steering serta uji kelayakan fungsi beberapa komponen penunjang lainnya seperti klakson, lampu, lampu sign dll.
  4. Kontrol kondisi roda, pastikan bahwa roda yang anda gunakan masih dalam keadaan baik. Pastikan anda membawa ban cadangan. Isi angin sesuai dengan beban muatan anda, jika muatan anda cuku banyak sebaiknya mintalah stelan angkin untuk ban belakang 40psi dan 35psi.
  5. Persiapkan kotak P3K dan obat-obatan yang di butuhkan keluarga anda.
  6. Sebaiknya anda juga membawa air khusus radiator jika memang anda menempuh perjalanan yang jauh sebagai antisipasi apabila mesin anda terlampau panas dan membutuhkan pengisian tambahan air radiator. Meskipun hal ini jarang terjadi tapi sebaiknya kemungkinan apapun harus diantisipasi.

Tips Mudik Dengan Motor Yang Aman dan Nyaman

  1. Pastikan anda telah melakukan servis lengkap motor anda dan mengganti oli baru.
  2. Cek fungsi lampu besar, lampu sign dan lampu rem, pastikan semua semuanya dapat berfungsi normal, karena dalam perjalanan dengan menggunakan kendaraan roda dua, lampu juga merupakan bagian penting dari keselamatan anda.
  3. Kontrol air aki jika anda menggunakan aki basah, tambahkan jika memang dibutuhkan.
  4. Pastikan kondisi roda dan angin roda telah pada kondisi yang siap digunakan untuk mengangkut penumpang dan melakukan perjalanan jauh.
  5. Bawalah peralatan mekanik yang terpenting seperti obeng plus minus, tang, kunci busi dan lainnya termasuk juga set lengkap pembuka roda.
  6. Bawalah pompa portable dan ban dalam roda untuk mengantisipasi jika kendaraan anda pecah ban. Hal ini penting karena tambal ban tidak selalu ada di tempat yang di inginkan saat terjadi pecah ban.
  7. Bawa juga obat-obatan yang dibutuhkan keluarga anda.
  8. Pastikan alat perlengkapan keselamatan berkendara sudah anda miliki seperti, jaket, sarung tangan, helm SNI

Semua perlengkapan di atas bisa anda tambahkan lagi dengan berbagai macam alat yang anda butuhkan. Namun menurut beberapa pengendara mudik hal di atas sudah cukup menjadi bekal dalam perjalanan mudik.

Baik kendaraan roda dua maupun roda empat, pastikan anda benar-benar memahami medan jalan yang anda lewati serta mengetahui letak SPBU terdekat dan rest area yang dipersiapkan oleh pemerintah yang bekerja sama dengan beberapa pemerintah daerah dan POLRI. Pilihlah tempat istirahan atau rest area yang didirikan oleh instansi tersebut karena lebih aman.  Selain itu juga ada alat perlengkapan kesehatan yang lengkap baik mobil ambulance, dokter dan perawat yang stand by 24 jam.

Perhatikan!!! Jika anda sudah merasa mengantuk atau lelah sebaiknya jangan memaksakan untuk terus berkendara. Luangkan sedikit waktu anda untuk beristirahan sejenak sebelum memulai berkendara lagi.

Demikianlah beberapa tips mudik dan tips mempersiapkan kendaraan pribadi agar aman dan nyaman saat dalam perjalanan. Semoga bermanfaat dan selamat sampai tujuan.

Anda mungkin juga berminat Lagi daripada pengarang

Ruangan komen telah ditutup.