Tips Perawatan Wiper Mobil Agar Awet

BINTANGOTOMOTIF.COM – Salah satu alat yang tidak bisa dipandang remeh keberadaannya di mobil adalah wiper. Wiper sangat diperlukan, apalagi saat musim hujan. Ia akan menyapu air hujan yang menempel di kaca mobil yang menghalangi pendangan pengemudi. Dengan begitu, pengemudi akan bisa fokus dan jelas pandangannya ke jalan raya, meskipun sedang turun hujan deras.

Cara mendeteksi wiper movil masih layak pakai atau tidak adalah dengan melihat hasil kerjanya. Saat digunakan, apakah ia meninggalkan bekas baret di kaca atau tidak? Jika ada jejak baret di kaca, maka itu indikasi bahwa wiper perlu segera diganti.,

Sebenarnya, untuk perawatan wiper mobil tidaklah terlalu sulit. Walaupun begitu, jangan juga diremehkan. Lalu, bagaimanakah caranya merawat wiper mobil agar bisa awet dan tahan lama? Berikut ini tipsnya:

  1. Rajinlah membersihkan karet wiper mobil. Usahakan saat mencuci mobil, jangan lupakan bagian yang ini. Caranya cukup bersihkan karet wiper dengan mengelapnya menggunakan kanebo dan air bersih dan dingin.
  2. Saat akan membersihkan kaca mobil yang kotor berdebu, sedapat mungkin jangan gunakan wiper. Bersihkan terlebih dahulu debu di kaca menggunakan kemoceng. Setelah itu baru bersihkan dengan air dan cairan pembersih atau shampo mobil. Lalu lap dengan lap lembut sampai bersih dan kering. Hal keliru yang serig dilakukan adalah kaca kotor langsung disiram dengan air lalu sambil menjalankan wiper. Hal demikian akan mempercepat wiper menjadi rusak karena gesekan-gesekan antara partikel debu, wiper dan kaca. Selain itu juga akan memicu goresan di kaca.
  3. Saat parkir di tempat yang panas dalam tempo yang agak lama, angkat wiper dan jangan biarkan ia menempel di kaca. Panas dan pantulan panas dari kaca yang mengenai wiper akan membuat wiper cepat aus.
  4. Selalu cek ketersedian stok air wiper. Jangan sampai ia kosong. Isi dengan air bersih.
  5. Rajinlah memeriksa kelancaran dan arah semprotan air. Pastikan semprotannya lancar. Periksa juga lubang air semprotan tepat arahnya. Untuk hal ini Anda bisa menggunakan jarum pentul.

Demikian beberapa tips perawatan wiper mobil agar tetap awet. Semoga bermanfaat.

 

Anda mungkin juga berminat Lagi daripada pengarang

Ruangan komen telah ditutup.