Tips Pencegahan Agar Ban Motor Awet dan Tidak Cepat Tipis

Sobat Bintom, jangan remehkan dengan kondisi ban motor Anda. Alih-alih ingin mendfapatkan keselamatan dan kenyamanan saat berkendara, yang didapat justru sebaliknya. Untuk itu, maka Anda perlu senantiasa menjaga kondisi ban motor Anda agar senantiasa prima kondisinya.

Ban motor yang sudah tipis akan sangat membahayakan pengendara. Selain karena cengkeramannya yang sudah tidak kuat lagi, hal yang tidak bisa dianggap remeh adalah licin. Selain itu, ia juga mudah bocor. Ban yang licin akan sangat berbahaya jika dibawa berkendara jauh. Apalagi jika kondisi hujan.

Untuk itulah, perlulah kiranya diketahui tips pencegahan agar ban motor kesayangan menjadi awet dan tidak cepat tipis. Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan:

1. Rutin Mencuci Ban

Hayo, seberapa sering Sobat Bintom mencuci ban motor? Jadi, tidak hanya body motor yang rajin dicuci. Ban motor juga penting untuk dicuci. Mengapa? Ketika motor diajak berkeliling atau berkendara, tidak jarang ban melintasi bahan-bahan kimia yang bisa membuat ban menjadi getas. Inilah pemicu ban menjadi cepat rusak atau tipis. Nah, pada saat mencuci, sempatkan pula membersihkan batu-batu kecil atau kerikil yang mungkin terselip di sela-sela alur ban.

2. Gunakan Standar Ganda

Nah, standar ganda yang ini tidak ada kaitannya dengan dunia politik, lho… 🙂 Ketika motor dalam keadaan berhenti, amat dianjurkan untuk menggunakan standar ganda. Apalagi jika bergenti dalam jangka waktu yang lama dan motor dalam kondisi membawa beban berat. Sedapat mungkin hindari penggunaan standar samping. Mengapa?

Penggunaan standar samping akan memicu lemahnya shock motor di satu bagian. Akibatnya, keseimbangan motor pun terganggu. Hal ini tentu berimbas pada tekanan yang berat sebelah akibat shock sebelah kiri yang lemah. Hal ini akan berimbas juga pada ban.

3. Jangan Bawa Beban Berlebihan

Saat motor membawa beban yang berat, maka gesekan ban dengan jalanan makin besar. Hal ini akan mempercepat menipisnya ban. Jadi, bawalah beban untuk motor seperlunya saja dan jangan berlebihan.

Demikian beberapa tips pencegahan yang bisa sobat Bimtom lakukan agar ban motor kesayangan menjadi awet dan tidak cepat tipis. Semoga bermanfaat.

Anda mungkin juga berminat Lagi daripada pengarang

Ruangan komen telah ditutup.