Tips Mudik Asyik dan Menyenangkan Bareng Si Kecil

BINTANGOTOMOTIF.COM – Hore…. mudik lebaran hampir tiba. Duh senangnya yang mau berjumpa dengan orang tua, sanak saudara dan handai taulan di kampung halaman. Dan memang, mudik adalah moment yang banyak ditunggu-tunggu oleh kita semua.

Saat mudik, tentunya kita semua berharap itu menjadi moment yang menyenangkan. Menyenangkan buat semua anggota keluarga yang ikut serta. Termasuk anak-anak kita yang masih kecil.

Nah, ini dia masalahnya. Yang namanya anak-anak, kadang jika diajak mudik ada saja masalahnya. Yang rewel lah, yang nangis lah, yang minta ini itu lah, dan berbagai hal lain. Kalau tidak pintar-pintar menyiasatinya, tentu kita akan dibuat bete karenanya.

Terkait dengan hal itu, maka pada kesempatan kali ini, akan kami paparkan beberapa tips mudik lebaran bagi Anda yang membawa serta si kecil. Tujuannya, agar si kecil merasa betah selama dalam perjalanan. Apa saja tipsnya? Mari kita simak bersama-sama:

Tips Pertama, Mudik Berhadiah

Buatlah kesepakatan dengan si kecil, jika ia tidak menangis selama perjalanan, maka nanti ketika sampai di kampung halaman akan diberi hadiah. Untuk hadiah, silakan ditentukan saja, yang penting orang tua mampu memenuhinya dan anak pun senang. Pemberian hadiah akan gugur, jika anak menangis selama dalam perjalanan.

Untuk memperlonggar, peraturan mungkin bisa dipermudah sedikit. Kesempatan menangis hanya berlaku maksimal 3 kali saja. Jika menngis sekali, maka hadiah akan berkurang 50%, lalu jika menangis 2 kali, hadiahnya tinggal 30% saja. Nah jika menangis sebanyak 3 kali, maka hadiahnya tinggal 10% saja. Dan terakhir, hadiah akan hangus kalau si kecil menangis sebanyak 4 kali.

Itu hanya sekedar contoh peraturan yang bisa dibuat. Silakan ubah atau sesuaikan peraturan sesuai dengan kreativitas orang tua.

Tips Kedua, Jadikan Mudik Sebagai Aktivitas Berwisata

Hal lain yang bisa dilakukan agar si kecil senang diajak mudik adalah dengan menjadikan mudik lebaran sebagai aktivitas berwisata. Caranya, tentukan tempat-tempat tertentu untuk dikunjungi yang akan dilewati ketika mudik. Nah, di tempat-tempat yang telah ditentukan, luangkan waktu sejenak untuk berhenti dan berwisata disana.

Ajak anak berkeliling dan bersenang-senang disana. Biarkan anak menikmati aktivitas sesukanya dilokasi itu. Sempatkan juga berfoto bersama. Foto ini nanti bisa menjadi foto kenangan keluarga yang menyenangkan.

Tips Ketiga, Install Aplikasi Mudik

Hal lain yang bisa dilakukan oleh orang tua adalah dengan menginstall aplikasi mudik. Saat ini, sudah banyak aplikasi mudik gratis. Biarkan anak mengeksplorasi aplikasi itu. Dengan aplikasi itu ia juga bisa belajar tentang lalu lintas, peta, dan hal-hal lainnya.

Banyak juga aplikasi mudik yang berisi game seputar muduk lebaran. Silakan cari di Google Play Store bagi Anda pengguna gadget Android dan Apple Store untuk Anda pengguna iPhone.

Nah, itulah beberapa tips mudik asyik bareng si kecil yang bisa membuat mudik Anda menjadi mudik yang menyenangkan. Selamat mencoba.

Ruangan komen telah ditutup.