Tips Merawat Sepeda Motor Sendiri Agar Panjang Umur

ada beberapa orang yang berpendapat bahwa merawat sepeda motor sendiri itu susah, selain biaya yang digunakan cukup terbilang mahal, mesin juga lebih cepat rusak. Padahal anggapan itu tidak benar, cukup mudah dan tidak memerlukan biaya yang mahal. Ini lima cara perawatan sepeda motor yang mudah.
1. Oli mesin
Fungsi dari oli mesih adalah sebagai pelican. Tapi sesungguhnya fungsi dari oli itu tidak sekedar sebagai alat pelumas atau pelicin saja antara part-part mesin yang bergesekan. Selain sebagai pelumas oli juga berfungsi sebagai penetral panas dan pengikat kotoran yang timbul ketika parts mesin bergesekan.
Ada duahal yang harus dicek secara berkala yaitu mengenai kualitas dan kuantitas oli tersebut.
Cek kuantitas oli dengan cara cek ketinggian ole di stik indicator oli, jika memang berkurang maka harus ditambah. Kadar oli bisa saja berkurang dikarnakan menguap dan merembes ke ruang bakar. Jika piston sudah mulai aus itu bisa dilihat dari asap putih yang keluar dari kenalpot.
Cek kualitas oli dengan melihat kondisi oli tersebut apakah sudah keruh, sangat encer atau sedah jelek maka oli tersebut harus diganti.standar penggantian oli yang sehat yaitu ketiak motor anda sudah menempuh jarak 2000-3000 Km, kemudian ambilah pertengahannya yaitu 2500 Km.
2. AKI
Aki adalah komponen sepeda motor yang kebanyakan pemilik kendaraan bermotor meremehkan. Aki merupakan komponen yang sangat penting bagi pengguna mesin yang memakai sistem pengapian DC. Jika ada masalah pada AKI maka mesin juga akan mengalami masalah juga. Dan akan mengganggu pada sistem kelistrikan itu akan nampak lampu akan menajadi redup dan kelakson yang tidak berfungsi secara maksimal.
Hal yang perlu dilakukan untuk merawat AKI agar berumur panjang yaitu cek ketinggian air jika memang kurang maka tambahkan air H2O bukan H2O4. Kemudian cek tegangan apakah melebihi 12 Volt, jika dibawah 12 Volt maka harus diestrum. Dan pada esok paginya gunakan kick starter supaya aki terisi listrik. Tapi perlu diingat jangan terlalu memaksa memencet electric starter lebih dari 3 detik tanpa berenti dan jangan menekan lebih dari 3 kali jika mesin tidak mau menyala. Cek AKI seminim-minimnya tiga bulan sekali.
3. Busi
Busi juga tidak kalah penting perannya dalam kinerja mesin. Fungsi dari busi adalah sebagai permercik api kecil untuk pembakaran BBM di ruang bakar, jika tersendat maka jangan panik cek terlebih dahulu kondisi busi tersebut.
Jika kondisi busi tersebut kotor maka bersihkanlah dengan menggunakan bensin. Kemudian cek warna busi apakah berwarna merah bata, putih berkerat, hitam berjelaka, hitam basah atau berwarna emas. Warna ideal busi yang sehat yaitu merah bata, karna warna merah bata menunjukan pembakaran yang bagus artinya suplai bahan bakar dan udara ideal.
Kemudian cek percikan api apkah masih besar atau tidak, yaitu dengan cara memasangkan busi pada chop busi kemudian dekatkan ke blok mesin kemudian berikan pengapian dengan mengengkol kick starter atau menggunakan electric starter.
4. Karburator
Inilah salah satu yang mempengaruhi performa motor kalau piranti pencampur dan pengabut udara dan bakar ini kotor, maka mesin tidak bunyi maksimal. Maka, BERSIHKAN jika kotor, jika tidak mau repot membuka, semprotkan saja CARBURETOR CLEANER ke venturi atau nama lainnya lubang masuk karburator/throttle body dan ke lubang busi. Jangan lupa juga bersihkan filter udaranya dan gantilah jika sudah terlihat usang dan tidak bisa dibersihkan.
5. Rantai dan gear set
– Jika rantai kendor, kencangkan.
– Jika rantai kencang, kendurkan.
– Jika rantai kering, lumasilah. Pake chainlube lah jangan oli bekas – Jika rantai sudah tidak bisa disetel maka beli yang baru.

Anda mungkin juga berminat Lagi daripada pengarang

Ruangan komen telah ditutup.