Tips Merawat Rantai Sepeda Motor Agar Awet dan Tahan Lama

Rantai adalah salah satu komponen yang harus dirawat secara berkala. Karena rantai adalah komponen sepeda motor yang mudah sekali berkarat, terutama pada musim hujan. Ketika turun hujan kemudian mengenai rantai sepeda motor maka air hujan tersebut bisa menimbulkan korosi atau karat pada pada rantai.

Apabila rantai sepeda motor anda berkarat maka tidak akan berfungsi secara maksimal dan bisa mengurangi kenyamanan dalam berkendara bahkan bisa membahayakan keselamatan ketika berkendara. Melakukan perawatan sepeda motor sendiri sesungguhnya tidaklah sulit untuk dilakukan.
Kondisi rantai yang kotor atau berkarat bisa memperpendek usia rantai tersebut dan rantai yang kendur juga akan menimbulkan suara yang bising. Inilah alasannya mengapa perawatan pada rantai sepeda motor sangatlah penting. Lalu apa sajakah yang harus dilakukan dalam perawatan rantai? Berikut langkah-langkah yang harus dilakukan:

Langkah pertama yang harus dilakukan dalam perawatan rantai sepeda motor yaitu mengecek rantai tersebut apakah kendur atau tidak. Apabila rantai kendur maka lakukanlah penyetelan dengan mengendorkan baut as pada roda dan aturlah pada baut penyetel rantai sepeda motor. Pastikan kondisi rantai tidak terlalu kencang dan tidak terlalu kendor.

Langkah kedua lumasilah rantai dengan menggunakan pelumas khusus untuk rantai. Jika memang terpaksa maka bisa menggunakan oli bekas. Untuk mempermudah pelumasan pada rantai dan merata maka dengan menghidupkan mesin motor tersebut pada gigi no 2, kemudian Tarik tuas gas sepeda motor dengan kecepatan 20 Km saja sudah cukup, sehingga rantai akan terus bergerak kemudian anda tinggal menuangkan pelumas atau oli bekas jika mepet. Dengan demikian pelumas akan merata sendiri seiring berputarnya rantai.

Setelah melakukan kedua cara perawatan rantai sepeda motor yang telah dijelaskan tadi, maka jangan melewati untuk mengecek gear. Apabila kondisi gear sepeda motor anda sudah lancip dikarnkanan keausan, maka segeralah membeli yang baru. Dan saran yang bagus yaitu tidak menggantinya sebagian tapi menggantinya satu set rantai.

Anda mungkin juga berminat Lagi daripada pengarang

Ruangan komen telah ditutup.