Tips Merawat Knalpot Motor Agar Awet

BINTANGOTOMOTIF.COM – Salah satu piranti motor yang sangat penting keberadaannya adalah knalpot. Knalpot dikenal sebagai tempat pembuangan sisa pembakaran kendaraan bermotor. Asap sisa hasil pembakaran akan dikeluarkan lewat knalpot ini.

Tidak hanya itu, selain dari sisi fungsi sebagai tempat pembuangan baha sisa, knalpot juga tidak jarang menjadi daya tarik khusus dari sebuah sepeda motor. Ada motor-motor tertentu yang justru dinilai artistik dan keciamikannya dari adanya knalpot ini.

Maka tidak heran, kini banyak bikers yang memilih mengganti knalpot oro bawaan pabrik ke jeis knalpot racing. Daya tariknya bisa dari bentuk, atau bisa juga dari karakter suara yang dihasilkan.

Nah, berbicara soal knalpot, rekan bikers tentunya sangat ingin agar knalpot motor kesayangannya awet dan tidak karatan. Untuk itulah, knalpot juga butuh perawatan khusus. Dengan perawatan ini, diharapkan masa pakai atau umur knalpot bisa lebih lama. Lalu, knalpot juga tidak karatan dan tetap kinclong. 🙂

Nah, beberapa tips berikut ini bisa rekan terapkan agar knalpot motor kesayangan bisa awet:

  1. Secara berkala, berikan oli bekas ke dalam lubang knalpot. Usahakan rutin setiap 2 pekan sekali. Untuk apa oli bekas itu? Jenis knalpot orisinil standar motor 4 tak umumnya berdifat panas dan kering. Karena itu, ia akan sangat mudah sekali berkarat. Kalau sudah sampai berkarat, tentunya ini akan membuat performa knalpot menjadi jelek. Suara knalpot menjadi cempreng. Selain itu, secara tampilan juga jelek.
  2. Sehabis mencuci motor, jangan biarkan knalpot berbasah-basah ria dalam jangka waktu yang lama. Ini akan memudahkan karat bercokol di knalpot. Segera keringkan dengan kain lap yang bersih begitu selesai dicuci. Sebenarnya, hal ini tidak hanya berlaku untuk knalpot saja. Ini juga berlaku untuk semua bagian body motor.
  3. Jika habis kehujanan, segera setelah mesin motor dingin, cuci habis motor. Termasuk bagian knalpot. Cuci dengan air bersih dan shampo pencuci motor. Lalu keringkan motor dengan kain lap bersih setelah selesai dicuci. Ingat! Air hujan itu bersifat asam. Sifat asam ini mudah sekali menyebabkan piranti yang terbuat dari besi menjadi berkarat.
  4. Khusus bagi rekan yang memakai knalpot jenis racing, pastikan sebelum dipasang oleskan terlebih dahulu oli bekas di leher knalpot. Hal ini bisa membuat umur knalpot racing menjadi lebih panjang. Knalpot racing umumnya lebih mudah berkarat atau menguning. Untuk itulah, knalpot jenis ini perlu perawatan yang ekstra.

Demikian beberapa tips seputar perawatan knalpot motor agar lebih awet dan tahan lama. Semoga bermanfaat.

Anda mungkin juga berminat Lagi daripada pengarang

Ruangan komen telah ditutup.