Tips Merawat Kaca Mobil Biar Kinclong

Kaca mobil merupakan bagian yang penting guna menunjang kenyamanan berkendara dan menghindari terjadinya kecelakaan. Kondisi kaca yang kusam membuat pengendara sulit untuk melihat jarak sehingga akan menambah resiko terjadinya kecelakaan. Oleh sebab itu kaca mobil terutama yang didepan harus terus terjaga kebersihannya, jangan samapai anda membiarkan kotoran menempel lama di kaca mobil anda ketika kotoran tersebut mengeras maka akan menggores kaca. Berikut ada beberapa tips merawat kaca mobil agar selalu terjaga kebersihannya:

  1. Pastikan kondisi karet wiper dalam keadaan bersih, mulus dan lentur

Selain menggunakan kain bersih ketika ingin membersihkan kaca mobil, juga harus menjaga kondisi karet wiper harus selalu dalam keadaan bersih, mulus dan lebtur. Apa gunanya jika sudah membersihkan akan tetapi kondisi karet wiper kotor, sehingga dapat menggores kaca dan memperburuk kaca. Jika karet wiper tersebut mulai mengeras sebaiknya anda dengan segera menggantinya.

  1. Bersihkan kaca mobil setelah terkena air hujan

Ketika kaca mobil anda terguyur air hujan, maka denga segera anda mengelapnya karna kondisi kaca yang basah mudah ditumbuhi jamur akan tetapi tidak terlalu julas oleh mata. Akan tetapi jika ini dibiarkan terus menerus maka lama kelamaan jamur tersebut akan menebal sehingga akan terlihat oleh mata. Oleh sebab itu bersihkanlah ketika terkena air hujan.

  1. Air wiper selalu tersedia

Ketika mengaktifkan wiper untuk membersihkan kaca tanpa air maka itu akan menggores kaca dengan kotoran yang ada dipermukaan kaca. Oleh sebab itu pastikan air wiper selalu tersedia, sehingga ketika ingin membersihkan dengan wiper air tersebut akan membantu melunturkan kotoran dengan mudah.

  1. Bersihkan karet kaca jendela

Karet kaca yang terletak pada sisi bawah jendela akan selalu bersentukan dengan permukaan kaca ketika kaca jendela dinaikan dan diturunkan. Ketika karet kaca tersebut kotor maka akan menggores permukaan kaca jendela. Karet kaca yang kotor ditandai dengan adanya suara ketika menaikan atau menurunkan kaca atau melambatnya ketika turun atau menaikan kaca.

  1. Jangan mencuci kaca mobil di tempat yang panas

Hindari mencuci kaca mobil di tempat yang langsung tersengat oleh sinar matahari. Karna pasanya sinar matahari tersebut dapat mengeringkan sampoo yang digunakan, sehingga ketika dibilas tidak diketahui dan pada akhirnya dapat membuat buram permukaan kaca.

  1. Angkat tangkai wiper ketika parkir dibawah trik matahari

Angkat tangkai wiper saat parkir di bawah terik matahari agar karet wiper awet dan tidak merugikan permukaan kaca mobil. Karna Panas matahari dapat membuat karet wiper keras dan pecah. Karet wiper yang keras dan pecah akan menggosok permukaan kaca dengan kasar sehingga dapat merusak permukaan kaca depan dan kaca belakang mobil. Kaca mobil sangat menyerap panas sehingga saat mobil parkir di bawah terik matahari, suhu kaca mobil bisa mencapai lebih dari 50 derajat Celsius sehingga dapat membuat karet wiper keras dan pecah-pecah.

Ruangan komen telah ditutup.