Tips Merawat Ban Tubeless Agar Lebih Panjang Umurnya

 

Ban tubelees adalah ban yang di ciptakan tanpa memerlukan ban dalam. Awal mulanya ban tubelees ini hanya digunakan untuk jenis kendaraan seperti sepeda gunung. Akan tetapi seiring berkembangnya teknologi ban tubelees digunakan juga pada kendaraan bermotor.  Banyak kelebihan menggunakan ban tubles yaitu lebih simpel digunakan, tidak mudah kempis jika membentur benda tajam, atau dalam kondisi bocor, inilah mengapa banyak pengendara lebih memilih untuk menggunakan ban tubelees.

Keutamaan lainnya dari ban tubelees yaitu lebih menggigit dan lebih stabil jiga melintasi jalanan yang menikung atau bermanuver pada kecepatan tinggi. Tapi walau saat ini ban tubelees lebih banyak diminati oleh pemilik kendaraan, tentunya juga tidak bisa lepas dari perawatan agar ban tersebut lebih tahan lama.

Lalu bagaimana perawatan yang benar agar usian ban tubelees tersebut lebih panjang, berikut tips merawat ban tubelees agar lebih awet:

  1. Ketikda ban dalam keadaan panas jangan sesekali untuk mencoba mengurangi tekanan anginnya, karna penyesuaian tekanan hanya bisa dilakukan ketika suhu ban dingin.
  2. Jangan sampai beban yang di angkut pada kendaraan anda yang menggunakan ban tubelees melebihi ketentuan yang sudah ditentukan oleh pabrikan.
  3. Perlu adanya pemeriksaan rutin pada telapak dan bahu ban tubelees untuk mengetahui apa saja kerusakan-kerusakan yang harus di tindak lanjuti, seperti tingkat keausan ban denangan melihat tanda D pada bahu ban apakah harus diganti atau tidak.
  4. Walaupun bocor jangan tergesa-gesa untuk menutupnya dengan lem ban atau lem cair lainnya. Karna cairan kan menyebar kepermukaan ban yang akan mengakibatkan kerusakan permanen pada permukaan yang tak bocor, serta akan mengakibatkan korosi pada serat ban. Ditakutkan ban tersebut akan meledak secara mendadak jika dipacu dengan kecepatan tinggi. Cara yang benar adalah dengan terlebihdahulu menambalkan area yang bocor tersebut dengan potongan ban kemudian setelah itu baru direkatkan menggunakan lem.
  5. Jangan sampai menggunakan kendaraan ketika ban masih kempis, walaupun hanya menempuh jarak dekat. Karna akan mengakibatkan hal fatal yaitu ban dan pelek bisa rusak dan akan sangat sulit untuk diperbaiki lagi. Oleh sebab itu jangan sesekali mengendarai kendaraan anda dalam kondisi kempis.

Anda mungkin juga berminat Lagi daripada pengarang

Ruangan komen telah ditutup.