Tips Merawat AC Mobil Agar Awet

Keberadaan penyejuk udara (air conditioner, AC) di dalam mobil sudah menjadi kebutuhan yang tidak bisa ditawar lagi. Ia menjadi fitur andalan saat harus berkendara di tengah udara yang panas. AC akan membantu memberikan kenyamanan berkendara. Untuk itu sudah sewajarnya perangkat ini dirawat dengan baik agar bekerja maksimal dan komponennya lebih awet. Perawatan intensif dan pengecekan rutin terhadap AC sebaiknya Anda lakukan di bengkel.

Sebagai pengguna, Anda pun dapat melakukan langkah-langkah sederhana untuk merawat AC mobil.

• Jaga kebersihan karpet atau lantai mobil. Kebersihan lantai mobil menjadikan udara di dalam kabin mobil juga ikut bersih. Dengan demikian filter AC tidak bekerja terlalu keras untuk menyaring debu dan kotoran, dan juga tidak cepat kotor.

• Sempatkan untuk membuka kaca sebelum menyalakan AC dan gunakan putaran blower yang tertinggi. Tujuannya, agar uap panas di dalam kabin cepat keluar dan berganti. Sehingga AC bekerja secara maksimum serta mempercepat proses pendinginan kabin.

• Ketika menempuh perjalanan jauh, matikan AC beberapa saat, lalu hidupkan kembali. Tujuannya untuk mengistirahatkan AC agar tidak terus-menerus mendinginkan kabin mobil, dan menghindari pembekuan pada saluran AC.

• Sering kita dapati pengemudi yang mematikan mesin mobil dalam kondisi AC yang masih hidup. Jadi, ketika mobil di starter, AC juga otomatis akan hidup. Perilaku yang seperti ini tidak baik. Selain akan menimbulkan masalah pada AC, juga akan menyebabkan keausan yang cepat pada aki mobil.

• Bersihkan kondensor AC dengan semprotan air. Lakukan langkah ini ketika mencuci mobil dengan air bertekanan. Arahkan semprotan air ke kondensor AC, yang posisinya tepat di balik grill depan. Kondensor yang bersih menjadikan hembusan udara dari AC akan lebih cepat dingin.

Langkah-langkah sederhana di atas dapat Anda lakukan untuk perawatan sehari-hari. Apabila AC mobil Anda bermasalah, segera minta bantuan bengkel untuk memeriksa dan memperbaiki agar permasalahan tidak merambat ke komponen-komponen lain pada sistem AC.

Anda mungkin juga berminat Lagi daripada pengarang

Ruangan komen telah ditutup.