Tips Menyalip Di Jalanan Yang Padat 

Terlalu terburu-buru karna ingin mengejar waktu mengharuskan anda untuk menarik tuas gas kendaraan anda dengan kencang, agar cepat sampai sebelum waktu ketelatan. Namun pasti anda akan melewati lalu lintas yang kurang bersahabat , sampai-sampai banyak halangan yang membuat anda semakin melambat dikarnakan tidak bisa menghindari jalur yang begitu padat memenuhi jalanan.

Namun meski demikian diharapkan anda tidak terburu-buru tetaplah bekendara yang sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan. Dikarnakan jika anda tergesa-gesa dalam kondisi jalanan yang padat seperti itu, malah akan menyebab masalah entah itu kecelakaan yang tidak diinginkan atau hal buruk yang akan menimpa diri anda atau orang yang berada disekitar anda.

Yang diketahui kebanyakan orang pada saat ini ketika ingin menyalip atau mendahului kendaraan yang berada dihadapannya hanya sekedar membunyikan klakson dan menambah kecepatan kendaraannya saja. Tapi ternyata banyak hal yang lebih penting lagi yang mereka abaikan dan mereka tidak sadari oleh para pengendara. Yang jelas adalah sudah melihat waktu yang tepat untuk mendahului kendaraan yang berada di depan.

Yang peru diingin lagi yaitu memberi kode atau tanda jika anda ingin menyalip yaitu menyalakan lampu saen untuk memberi kode kendaraan yang berada dibelakang bahwa anda ingin menyalip dan menyalakan klakson untuk memberi tanda kendaraan di depan bahwa anda ingin menyalip, dan jangan lupakan selalu untuk melihat kaca sepion anda, ditakutkan ada kendaraan yang tidak diduga ingin menyalip juga.

Sebgaimana yang telah diberitakan oleh Divisi Humas Mabes Polri ada sepuluh keadaan yang harus diketahui bagi para pendara sebelum menyalip kendaraan yang bera di depan.

1. Pastikan dengan melihat kaca sepion bahwa jalur yang berada di daerah kanan aman untuk mendahului.
2. Perhatikan lapu sign kanan kendaraan yang ingin di salip. Bila kendaraan yang berada didepan lampunya berkedip kedip, maka tunda dahulu hindari hal seperti itu karna sangat berbahaya ketika memaksa mendahului kendaraan yang dia juga ingin menyalip. Yang ditakutkan lagi yaitu jika ada kendaraan dari depan yang berlawanan arah anda, atau bisa jadi ingin menghindari lubang besar pada jalan.
3. Selalu mengawasi keadaan kendaraan yang berada di belakang dengan menggunakan bantuan lampu sepion.
4. Dan disarankan jika ingin menyalip maka gunakan lah gigi rendah, bisa dengan menurunkan satu atau dua gigi. Fungsinya yaitu agar torsi memaksimalkan laju kendaraan agar lebih cepat sehingga akselerasi lebih cepat.
5. Perhitungkan lagi medan jika anda ingin menalip jangan sampai memilih medan yang banyak lubang atau tikungan.
6. Perhatikan lagi jika ada kendaraan lain mengikuti anda menyalip kedepan, atur posisi yang tepat jangan terlalu dekat, dikarnakan kendaraan yang mengikuti anda membuhkan sedikit celah jalur sebelah kiri.
7. Jangan sampai anda menyalip dengan memilih alur jalan kiri, ditakutkan ada hal yang tidak terduga, dan itu juga bukan jalur untuk menyalip.
8. Jangan terlalu sering membunyikan kakson atau terlalu panjang membungikan klakson, karna bisa membuat orang tidak nyaman dengan hal itu, dan itu pasti akan memancing emosi kendaraan di depan anda.
9. Jika anda mengendarai mobil maka waspadalah dengan kendaraan roda dua.
10. Yang tidak kalah pentingnya yaitu sikap toleransi antar pengendara. Beri kesempatan kendaraan lain jika ingin mendahului.

Anda mungkin juga berminat Lagi daripada pengarang

Ruangan komen telah ditutup.