Tips Menjaga Pahala Puasa dalam Situasi Macet

BINTANGOTOMOTIF.COM – Tips Menjaga Pahala Puasa Dengan Menahan Emosi. Puasa adalah suatu amalan yang di kerjakan oleh umat muslim di seluruh dunia pada bulan Ramadhan. Puasa tidak hanya sekedar menahan lapar dan dahaga semata, akan tetapi kita harus menahan sabar, emosi dan hawa nafsu.

Bagi pengendara, menjaga emosi di jalanan agar tetap sabar dan lapang dada bukan hal yang mudah. Satu contoh saja, dikala kondisi arus lalu lintas yang sangat padat kemudian ada yang menikung sana nikung sini pasti sudah memancing emosi kita.

Oleh sebab itu kami menulis sebuah tips yang setidaknya bisa membantu dalam menahan sebuah emosi agar tetap lapang dada dan yang paling penting tidak mengurangi pahala puasa kita.

Tips dalam menahan emosi ada lima, yaitu :

1. Jangan Terburu-buru

Emosi akan pecah dikala kita melakukan sesuatu secara terburu-buru. Oleh sebab itu kita jangan sampai melakukan aktivitas secara terburu –buru. Kita sebaiknya memanage waktu dengan baik.
Kita harus melakukan sesuatu secara terencana. Sebagai contoh, berangkatlah bepergian satu jam lebih awal sehingga di jalanan kita bisa tenang dan tidak terburu sehingga emosi bisa terjaga dan yang paling penting selamat sampai tujuan.

2. Selalu Berdo’a

Apabila melakukan sesuatu sebaiknya di awali dengan berdo’a agar kita di beri ketenangan baik lahir maupun batin. Dalam islam juga sudah menganjurkan melakukan sesuatu di awali dengan niat atau do’a, apabila niatnya sudah baik niscaya hasilnya pun akan baik pula.

3. Mengalah

Pada situasi berkendara banyak hal sering kita jumpai baik hal yang di sengaja ataupun tidak, baik kita salah ataupun tidak. Maka sikap mengalah inilah sebagian dari cara kita menahan sebuah emosi kita agar tidak meledak.

4. Mengingat Kembali

Ingatlah kembali hal – hal yang menyenangkan saat kita mendapati masalah di jalanan. Seperti saat mudik, ingatlah nanti akan bertemu keluarga besar sehingga kita harus sampai tujuan dengan baik dan selamat baik lahir maupun batin.

Tips-Menjaga-Pahala-Puasa-Dengan-Menahan-Emosi-I
5. Tarik Nafas Dalam

Hal yang terakhir inilah yang sangat penting. Bagi pengendara motor maupun mobil yang sudah terpancing emosinya harus bisa mengontrol diri dengan cara ambil nafas dalam dan keluarkan dan sambil membaca istighfar.

Tarik nafas dalam bisa membuat aliran darah menjadi lancar sehingga pikiran menjadi tenang dan kita bisa kembali mengontrol emosi agar tidak meluap – luap.

Anda mungkin juga berminat Lagi daripada pengarang

Ruangan komen telah ditutup.