Tips Menjaga Helm Agar Tetap Nyaman Dipakai

Helm adalah salah satu perlengkapan keamanan yang harus dibawa bagi pengendara beroda dua. Agar terasa nyaman ketika dipakai maka perlu perlawatan khusus.

Kata Irwan, distributor resmi helm Arai di Indonesia, Brand Technical Support Cargloss Proriders, tetap menjaga helm dengan perawatan khusus itu sangat penting, Sebab seringkali keringat bercucuran ketika memang suhu di daerah tersebut panas yang akan membahasahi busa helm. Jika itu dibiarkan saja walau itu keringat sendiri tetap akan membuat tidak nyaman pengendara.

Kata Irwan,” Saran yang bagus ketika seusai memakai helm, kan ada orang memang kurang suka make pelapis atau balaclava. Pasti ada keringat di dalam helmnya, jadi seusai memakai helm bagusnya diletakan terbalik dengan posisi visonnya juga di buka. Sehingga yang lembab terkena air jadi akan menguap keluar, itu juga bisa mencegah bau tidak sedap. Dengan posisi terbalik seperti itu nanti akan kering sendiri.”

Jika posisi helm selepas dipakai kemudian lembab terkena kringan pasti udara akan tertutup ssehingga bau dan kelembapan helm tidak akan keluar. Yang tidak dinginkan lagi jika kelembapan tersebut akan menjamur.

Jika terdapat jamur didalam helm pasti sudah tidak nyaman lagi digunakan, selain bau yang ditimbulkan dari helm tersebut rasa gatal juga bisa terjadi ketika memang sudah menjamur, tambah Irwan.

Itu hanya sekedar perawatan ringan yang dilakukan setiap dipakai, ada bagusnya juga jika ada perawatan perbulan, yaitu dengan mencuci bagian dalam helm sebulan sekali. Jika memungkinkan sepekan sekali tidak mengapa.

Kata Irwan,” untuk bagian ventilasi pada bagian diffuser atau spoiler itu mudah untuk membersihkannya. Dengan menggunakan cotton bud yang basah kemudian dibersihkan disela-sela ventilasi.”

Jika hanya mengandalkan perawatan harian bau kemngkinan msih akan terjadi, maka lakukanlah pencucian bagian dalam helm seperti kain-kainnya sebulan sekali., lanjutnya.

”Perawatan rutin harus ada. Jika hanya mengandalkan penjemuran tiap hari, pasti akan menyisakan keringat yang menempel dalam helm. Untuk memberihkan secara total maka harus dicuci sebulan sekali, lebih baik lagi interior patnya di lepas dan dicuci saja, agar lebih nyaman dan lebih wangi,” tambah Irwan.

Anda mungkin juga berminat Lagi daripada pengarang

Ruangan komen telah ditutup.