Tips Jitu dan Praktis Saat Membeli Mobil Bekas

 

Ketika kondisi keuangan dikantong tidak memungkinkan Anda untuk membeli mobil baru, maka mobil bekas biasanya menjadi pilihan. Walaupun bekas, kualitas dan performanya juga oke kok. Asal pintar-pintar saja dalam memilih dan memilah mobil bekas yang akan dibeli.

Nah, ketika Anda memutuskan untuk membeli mobil bekas, setidaknya ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui dan lakukan. Berikut ini beberapa tips jitu dan praktis yang perlu diperhatikan saat membeli mobil bekas:

1. Kenali “Sejarah” Mobil

Latar belakang penggunaan mobil setidaknya menjadi patokan saat Anda membeli mobil. Apakan mobil pernah mengalami kecelakaan? Apakah mobil sering bermasalah pada mesinnya? Apakah mobil pernah bongkar mesin? Anda juga perlu tahu latar belakang atau alasan pemilik menjual mobilnya itu.

Beberapa data yang Anda dapatkan terkait sejarah atau latar belakang mobil setidaknya akan menjadi salah satu pertimbangan Anda saat memutuskan, apakah akan membeli mobil itu atau tidak. Tentunya Anda tidak ingin mobil yang Anda beli nantinya sering rusak dan sering masuk bengkel, khan?

2. Jangan Membeli Mobil Bekas Tabrakan

Terutama jika mobil yang pernah mengalami tabrakan frontal. Istilah populer yang sering kita dengar adalah adu kambing. Biasanya, akan banyak masalah di kemudian hari akibat mobil yang mengalami hal yang demikian.

3. Minta Tolong Teman yang Paham Mobil

Ada baiknya, bahkan dianjurkan, saat Anda memilih mobil bekas, ajaklah teman Anda yang faham dan tahu seluk belum mesin mobil. Syukur-syukur jika ada kenalan mekanik bengkel mobil. Hal ini tentu akan sangat berguna. Ia akan membantu Anda dalam menilai mobil. Apakah mesin mobil itu bagus atau tidak.

4. Jangan Langsung Membeli di Pandangan Pertama

Saat melihat-lihat mobil ekas yang akan dibeli, jangan langsung tergoda. Apalagi jika penjual mengeluarkan jurus rayuan mautnya. Hehehe… Tap tunggu dulu. Anda harus sabar. SIlakan lihat-lihat dulu mobil lainnya yang sejenis di tempat atau lokasi yang berbeda. Tentunya dengan penjual yang berbeda pula. Ini dimaksudkan agar Anda bisa menemukan pembanding.

Nah, setelah melihat dari beberapa perbandingan yang ada, Anda bisa menentukan pilihan. Anda mau pilih yang mana yang pas. Pas di kantong dan juga sreg di hati.

5. Hati-hati Membeli Mobil Dengan “Sedikit” Perbaikan

Alih-alih ingin memperbaiki mobil yang baru Anda beli dengan “sedikit” perbaikan, hal yang didapat malah akan menelan biaya yang lumayan. Lebih baik jika Anda membeli mobil bekas dalam kondisi yang ready. Kecuali jika Anda memang orang yang benar-benar faham faham mobil dan berencana membeli mobil, memperbaiki, untuk kemudian akan menjualnya kembali. Maka hal ini tidaklah mengapa.

6. Jangan Membeli Mobil Bekas Kebanjiran

Mobil yang pernah terkena banjir biasanya akan bermasalah. Air yang pernah masuk ke mesin mobil biasanya akan menyebabkan karat. Juga kerusakan pada rangkaian elektronik dan perangkat transmisi mobil. Maka dari itu, usahakan jangan membeli mobil bekas yang pernah terkena banjir.

Itulah beberapa tips jitu dan praktis yang bisa Anda pakai saat memutuskan untuk membeli mobil bekas. Semoga bermanfaat.

Anda mungkin juga berminat Lagi daripada pengarang

Ruangan komen telah ditutup.