Tips dan Cara Mengetahui Sepeda Motor Yang Madat Mendadak

Terkadang pekerjaan yang begitu menumpuk bisa membauat mata lembur malam sedangkan pada esok harinya dipagi hari harus sudah pergi lagi. Dikarnakan lembur malam sehingga membuat bangun pagi menjadi molor, walau sudah menyiapkan alarem dikarnakan sangking kecapeannya itupun tidak bisa membangunakan tidur atau bangun hanya sekedar mematikan alarm tersebut. Sehingga ketika anda sadar tinggal beberapa menit lagi anda seharusnya sudah ada dikantor pastinya membuat anda terburu-buru.
Dan ketika anda menghidupkan sepeda motor anda kemudian tiba-tiba ngadat, lalu apa yang harus dilakukan untuk menangani sepeda motor yang ngadat? Berikut penjelasannya:
Ketika sepeda motor ngadat pasti yang terbesit pada anda adalah membawanya kebengkel, sebelum anda membawanya kebengkel sebaiknya melihat dulu dan mencoba tips mengenali kerusakan apa yang menimpa sepeda motor anda.
Kemungkinan mesin sepeda motor lemah sehingga membuat mesin susah untuk dihidupkan bahkan tidak hidup sama sekali. Atau bisa juga mesin hidup tapi tidak ada tenaganya. Sehingga akan membuat konsumsi bahan bakar menjadi boros. Atau kendalanya timbul suara menggelitik pada bagian blok silinder.
Hal tersebut dikarnakan berkurangnya atau hilangnya tekanan dalam ruang bakar. Cara mengenceknya bisa dengan manual yaitu dengan menutup lubang ulir busi menggunakan ibu jari. Tekan saja menggunakan jari jika ada rasa panas yang dirasakan ketika slah diengkol. Kalau lemah sebabnya ring piston lemah, paking head bocor atau payung klep enggak maksimal menahan tekanan gas bakar. Dengan melihat fisik komponen seputar ruang bakar pun bisa. Seperti warna elektroda busi.

Kalau spuyer dibikin irit tapi masih juga berwarna hitam (boros), itu artinya kompresi di ruang bakar mulai melemah. Atau juga bisa mengencek pada bagian luar paking antara head dan silinder. Yaitu dengan menggunakan cairan oli untuk mengetahui bagaian yang bermasalah. Jika ada asap putih yang keluar atau bergelembung, maka pada bagian itu pastu ada kebocoran.
Mesin mendadak mati ketika dikendarai, itu dikarnakan businya mati atau juga kotor. Latina tidak bekerja dengan maksimal, kabel pangapian longgar, bensin tidak turun pada karburator.
Cara mengecek pada pengapian busi yaitu dengan melepas busi dari dudukan danbairkan kabel busi masih tersambung di ujung busi. Kemudian tempelkan kepala busi di badan mesin dan starter mesin. Perhatikan apakah masih ada percikan api dari busi tersebut jika tidak artinya busi telah aus atau bermasalah, maka sebaiknya mengganti dengan yang baru, jika tidak maka beralih ke koil dan CDL.
Akselelerasi mesin kurang sempurna, itu dikarnakan saluran yang ada dalam karburatornya kotor, businya tidak bisa menyala secara konstan dikarnakan kotor. Gas sisa pembakaran tidak bisa dikeluarkan dengan sempurna dari kenalpot dikarnakan saringan udara yang tersumbat.

Anda mungkin juga berminat Lagi daripada pengarang

Ruangan komen telah ditutup.