Tips Berkendara Agar Tidak Mudah Lelah

macet-total3

Bintangotomotif.com – Mengantuk perupakan salah satu faktor terbesar penyebab kecelakaan lalu lintas yang terjadi di Indonesia, banyak sekali pengemudi yang nekad tetap meneruskan perjalanan meski dalam keadaan yang kurang fit atau kelelahan setelah aktifitas bekerja, kurang tidur, dan lain-lain. Faktor itulah yang menyebabkan benyak sekali kecelakaan yang terjadi akibat kesalahan dari manusia sendiri. untuk menghilangkan rasa lelah sewaktu dalam keadaan berkendara ada beberapa tips sederhana untuk dilakukan :

1. Pilih jalur yang lebih mudah dilewati

bagi pengemudi yang sering melakukan perjalanan keluar kota sebaiknya pilihlah jalur yang lebih mudah dilewat tanpa hambatan agar waktu tempuh juga semakin efisien. untuk memudahkan pengendara menemukan jalur mana yang paling mudah gunakan lah navigasi peta yang tersedia dalam mobil atauppun smartphone. walaupun begitu jika perjalanan anda memakan waktu lebih dari 6 jam sebaiknya 2 jam sekali anda beristirahan untuk menghilangkan ketegangan otot tubuh.
2. Beristirahat

Istirahan adalah hal yang sangat penting untuk menghilangkan ngantuk tidak ada salahnya disela-sela perjalanan anda melakukan peregangan atau sedikit pemanasaan saat lampu merah ataupun saat macet. terlalu lama saat mengemudi juga bisa mengakibatkan tangan dan beberapa bagian tubuh terasa pegal jadi disela-sela perjalanan manfaatkan waktu sebaik mungkin untuk istirahat. Jangan memaksakan tubuh yang kelelahan untuk terus melakukan perjalanan karena selain membahayakan diri sendiri juga bisa membahayakan pengendara lain.

3. Tahan Emosi

Macet memang menjadi salah satu faktor tubuh menjadi lelah dan ngantuk karena saat melakukan perjalanan yang macet kebanyakan orang akan merasa jenuh dan emosi karena waktunya terbuang sia-sia jadi tahan emosi dan hibur diri anda dengan beberapa lagu favorit dari radio ataupun MP3 Player. atau rilexkan oto-otot anda dengan cara melakukan peregangan otot atau pemanasan.

4. Sediakan air minum

Air minum sangat penting bagi tubuh kekuarangan cariran juga merupakan faktor penyebab kelelahan saat mengemudi jadi selalu sediakan air minum saat berkendara. Air putih juga bisa menghilangkan ngantuk sehingga tubuh kembali fit. Jika ingin selalu fit selama perjalanan perbanyak konsumsi air putih untuk menghindari dehidrasi baik ketika melakukan perjalanana siang maupun malam hari.

itulah beberapa tips jika anda para pengemudi dalam keadaan yang kurang fit ataupun mengantuk, tapi tetap jsaja jika tubuh sudah ngant kelelahan sebaiknya jangan paksa diri anda karena sangat berbahaya bagi anda maupun pengguna jalan lainnya. Banyaknya kasusu kecelakaan yang diakibatkan oleh faktor kelelahan ini merupakan salah satu kecerobohan pemngemudi jadi usahakan jangan memaksakan diri apalagi saat melakukan perjalanan di tengah malam. Jadi persiapkan diri sebelum melakukan perjalanna jauh maupun perjalanan pendek jika merasa kurang enak badan atau kelelahan sebaiknya tunda dulu perjalanan agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Anda mungkin juga berminat Lagi daripada pengarang

Ruangan komen telah ditutup.