Tips Ampuh Mengatasi Mobil yang Overheat

BINTANGOTOMOTIF.COM – Bagi anda yang sering menggunakan mobil sebagai salah satu moda transportasi untuk bepergian jauh, tentunya anda harus sering-sering melakukan pengecekan terhadap mesin mobil anda. Pasalnya jika anda tak waspada beberapa masalah mesin akan terus menghantui anda, dan yang lebih ditakutkan lagi mesin anda bakal mengalami overheat atau dalam bahasa androidnya ngelag.

Ya overheat memang biasa terjadi pada mesin mobil yang telah terlalu panas temperaturnya, biasanya mobil tersebut sering digunakan untuk perjalanan jauh dan tak pernah dilakukan pengecekan secara rutin.

Ada beberapa indikasi dan yang pasti bagi anda para pemilik kendaraan roda empat ini pasti tahu, ya beberapa panel seperti speedometer atau biasa disebut panel temperatur mesin dapat menunjukkan arah H yang berarti “Hot” nah apabila jarum tersebut menunjukkan huruf H tentunya ada harus bersiap menghadapi masalah mesin Overheat.

Lantas apa yang harus dilakukan jika mesin mobil kita sudah panas dan mengalami Overheat?

Nah bagi anda yang tengah mengalami hal serupa, hal yang paling utama yakni amankan terlebih dahulu kendaraan anda atau tepikan dari jalan. Pasalnya memperbaiki mesin mobil yang telah overheat memerlukan waktu yang relatif lama.

Hal tersebut tentu bertujuan untuk menghindari gangguan jalan lalulintas yang terhadang oleh mobil kita. Untuk langkah selanjutnya ada baiknya anda simak informasi berikut ini:

Cara Mengatasi Mesin Mobil Overheat

– Segera tepikan kendaraan dan parkir ditempat yang aman. Nyalakan lampu hazard, dan matikan mesin mobil.

– Apabila ada uap atau asap keluar dari mesin, sebaiknya jangan buka kap mobil, tunggu sampai uap habis baru buka kap mobil dengan hati-hati.

– Perhatikan bagian radiator,selang, water pump dan kolong kendaraan apakah ada bagian yang bocor.

– Jangan buka tutup air radiator pada saat kondisi mesin masih panas, karena bisa mengkibatkan cedera karena pancaran air panas yang bertekanan tinggi dari radiator. Tunggu sampai dingin baru boleh dibuka.

– Cek tangki reservoir, apabila kurang bisa ditambahkan air sambil mesin dihidupkan.

– Cek bagian drive belt mesin apakah kendor atau putus. Apabila masih dalam keadaan bagus dan tidak ada kebocoran air pendingin maka mesin bisa normal temperaturnya. Tapi apabila putus, sebaiknya cari atau hubungi bengkel terdekat untuk diganti.

Mesin overheat biasanya terjadi pada mobil yang sudah berumur atau mobil yang memiliki masalah dengan system pendingin mesin atau radioator. Semoga berita otomotif singkat ini bisa bermanfaat buat kita semua.

sumber: google.com

Anda mungkin juga berminat Lagi daripada pengarang

Ruangan komen telah ditutup.