Tips Aman Berkendara di Malam Hari

Bagaimanapun juga, idealnya waktu malam itu adalah waktu yang tepat untuk istirahat. Akan tetapi, bagi orang-orang tertentu, justru waktu malam itu kadang masih disibukkan dengan bekerja. Bisa karena kebutuhan, tuntutan, jam kerja, atau karena ada alasan-alasan lainnya. Termasuk untuk misalnya pekerjaan yang ada kaitannya dengan mengemudikan kendaraan. Sopir ekspedisi, misalnya.

Sebenarnya, berkendara di malam atau siang hari sama saja. Hanya saja, jika mengemudikan kendaraan di malam hari memang harus ekstra waspada karena keterbatasan jangkauan pandangan. Nah, agar perjalanan Anda di malam hari bisa aman sampai ke tujuan, berikut ini tips-tips yang bisa Anda terapkan:

1. Sebelum berangkat, pastikan kondisi mobil baik, terutama soal sistem perlampuan. Cek lampu sein, lampu rem, dan lampu depan mobil. Jika ada salah satu lampu yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya, segera perbaiki. Ingat, lampu mobil yang baik amat vital bagi perjalanan di malam hari.

2. Pastikan juga bahwa kondisi badan Anda fit dan sudah cukup tidur. Jika sudah dijadwalkan bahwa malam harinya Anda harus menyetir kendaraan, sebaiknya pada siang hari Anda sempatkan untuk meluangkan waktu tidur secukupnya.

3. Bawa teman dan usahakan jangan sendirian di mobil. Teman ini nantinya bisa Anda ajak sebagai teman ngobrol untuk mengusir rasa kantuk. Syukur-syukur teman yang diajak juga mahir mengendarai mobil. Jika begitu, nantinya bisa menyetir secara bergantian.

4. Pastikan rute yang akan Anda lalui nanti, Anda faham betul kondisinya. Pastikan rute menuju daerah yang dituju aman dan kondusif.

5. Jika Anda baru pertama kali melalui rute jalan yang akan dilewati, maka inilah pentingnya teman. Ia bisa menjadi guide kita. Lajukan mobil dengan kecelatan yang sewajarnya saja. Jangan ngebut. Ngebut di jalan yang baru pertama kali dilewati, sangat besar resikonya. Kita tidak faham dimana nanti ada tanjakan, tutunan, tikungan, jalan berlobang, dan lain-lainnya.

5. Jika saat mengemudi lalu mengantuk, lakukan treatment yang bisa menghilangkan rasa kantuk. Kenali tanda-tanda sopir yang mengantuk. Untuk antisipasinya, silakan baca tips menghindari rasa kantuk. Jika ternyata kantuk tidak juga bisa dihilangkan, segara berhenti di tempat yang aman, lalu istirahatlah. Jangan sekali-kali berkendara dalam kondisi mengantuk.

5. Gunakan lampu jauh seperlunya saja. Penggunaan lampu jauh sangat sensitif sekali bagi pengendara dari arah yang berlawanan.

6. Jaga etika dan aturan berkendara di jalan raya.

Demikian beberapa Tips Aman Berkendara di Malam Hari. Semoga bermanfaat.

Anda mungkin juga berminat Lagi daripada pengarang

Ruangan komen telah ditutup.