Tips Perawatan Agar Plat Kopling Awet

Plat kopling adalah salah satu komponen kendaraan yang berfungsi memutus dan menghubungan tenaga mesin ke transmisi atau gear box manual. Tenaga mesin itu selanjutnya akan diteruskan ke roda kiri dan kanan melalui gardan dan as roda.

Selain penyetelan tinggi dan gerak bebas pedal kopling, medan yang dilalui serta frekuensi dan cara berkendara menentukan umur plat kopling.

Tips-tips berikut ini kami berikan agar umur plat kopling bisa maksimal :

• Saat mulai menjalankan kendaraan, jangan menginjak pedal kopling setengah dengan RPM yang tinggi, sehingga terdengar raungan mesin tetapi mobil tidak langsung melaju. Kondisi ini akan menimbulkan gesekan yang cukup besar di plat kopling sehingga plat kopling menjadi cepat aus.

• Gunakan gigi yang sesuai dengan kecepatan kendaraan. Jangan memaksakan kendaraan melaju dengan kecepatan rendah dengan posisi gigi percepatan tinggi. Atau sebaliknya mobil dalam kecepatan tinggi dengan posisi gigi percepatan rendah. Terlalu sering melakukan cara seperti ini selain bisa merusak mesin juga akan mempercepat usia pemakaian plat kopling.

• Saat mobil sedang melaju, hindari kaki kiri terus menempel di pedal kopling. Kondisi ini akan menimbulkan posisi plat kopling tertekan terus sehingga menimbukan gesekan yang cukup besar ketika mobil berjalan. Dalam waktu lama akan menimbulkan kopling panas dan bisa berefek slip.

• Jangan menahan laju kendaraan dengan cara menginjak pedal kopling setengah agar mobil tidak mundur. Kondisi seperti ini sering dilakukan pengendara saat macet di jalan yang menanjak atau pegunungan. Jadi, saat berhenti di jalan menanjak sebaiknya netralkan transmisi dan tarik rem tangan agar mobil tidak berjalan mundur.

• Lakukan penyetelan pedal kopling secara berkala. Penyetelan diperlukan untuk mengatur gerak bebas pedal kopling sehingga kopling akan tetap terjaga saat pedal kopling dimainkan. Rutin melakukan penyetelan juga akan mempermudah dalam memindahkan gigi transmisi.

• Jika mobil melewati genangan air dengan ketinggian lebih dari setengah roda sebaiknya keringkan dahulu plat koplingnya, sebelum melanjutkan perjalanannya. Caranya, hentikan mobil lalu netralkan gigi perseneling. Dalam kondisi mesin tetap dihidupkan, gas mesin pada RPM kurang lebih 3000. Kemudian mainkan pedal kopling dengan cara injak – lepas secara berulang-ulang. Cara seperti ini akan membuat plat dan mekanisme kopling segera kering, dan menghindari plat kopling bermasalah.

Plat kopling akan lebih awet digunakan jika kita rajin merawatnya dan menghindari hal-hal yang bisa merusak kopling. Selamat mencoba !

Anda mungkin juga berminat Lagi daripada pengarang

Ruangan komen telah ditutup.