Ternyata Thailan dan Malaysia Sudah Punya IOI Untuk Tingkatkan SDM

Pemerintah membentuk Insitut otomotif Indonesia (IOI) guna mengingkatkan kualitas sumberdaya manusia (SDM), peran sumber daya manusia sangatlah penting karna dengan adanya teknologi sedangkan manusianya belum siap atau tidak bisa menggunakannya. Dan kabarnya bahwa insitut Otomotif Indonesia (IOI) memiliki peran yang berbeda dengan Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan bermotor Indonesia).

Kabar yang mengejutkan bahwa negara tetangga seperti Thailand dan Malaysia ternyata telah memiliki lembaga layaknya IOI juga. Hal tersebut disampaikan Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi. Antara kedua belah pihak memiliki peran sendiri dan tidak saling bentrok.

“Institut Otomotif Indonesia (IOI) negara Malaysia juga memilikinya dan tidak bentrok sama Gaikindo, ada Gaikindo Malaysia dan ada juga IOI-nya Malaysia. Dan dinegara Thailan juga punya, yang terpenting adalah kedua belah pihak memiliki kesibukan masing-masing dan tidak saling salah menggunakan wewenang seenaknya,’’ ucapnya.

Yohannes Nangoi juga menepis kabar, jika Kementerian Perindustrian lebih condong (mendukung) ke IOI dibandingkan dengan Gaikindo.
Antara Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan bermotor Indonesia) dan IOI (Insitut Otomotif Indonesia) memiliki peran yang berbeda-beda, untuk IOI berfokus untuk mengembangkan potensi sumber daya manusianya sedangkan gaikindo lebih kepada fungsionalnya.
“Condong apanya? Kan kami enggak berantem sama IOI. Jangan diadu domba, karena visinya beda. Satungeberesin yang namanya kompetensi pelakunya, lebih ke SDM-nya, kami (Gaikindo) lebih kepada fungsionalnya,” katanya.
“Di dalam namanya Gaikindo itu ada enam kompartemen, mengenai sertifikasi, pendidikan dan ini tidak ada di sana. IOI membangun people-nya, people disini dimaksud itu, seperti pegawai, ada yang namanya pegawai pabrik, bengkel, dan lain-lainnya yang lebih kepada orang produksi. Katanya begitu,” ujarnya

Ruangan komen telah ditutup.