Teknologi Terbaru, Minimalisir Kecelakaan Pada Manusia

gopego_bosch_01

BintangOtomotif.com – Dengan perkembangan teknologi yang saat ini semakin pesat membuat beberapa pabrikan mulai menerapkannya. Mulai dari teknologi keselamatan dan keselamatan otomotif saat ini telah banyak tercipta perangkat – perangkat canggih yang mampu memberikan perlindungan pada pengendara. Teknologi Driving Assist yang saat ini sudah tercipta memang diyakini telah mampu mengurangi adanya resiko kecelakaan yang saat ini banyak merengut korban jiwa.

Teknologi yang saat ini tengah berkembang adalah teknologi keselamatan terbaru yang bernama Automatic Braking System yang terciri dari sensor – sensor yang dapat mencegah hampir pada angka 10 ribu kematian yang diakibatkan oleh kecelakaan lalu lintas serta dapat menghemat lebih dari US$251 miliar pengeluaran. Hasil itu seua diperoleh dari riset yang dilakukan oleh Boston Consulting Group. Xavier Mosquet selaku North American Leader of the firm’s automative practice menyatakan bahwa sebagian besar kecelakaan yang terjadi di Amerika Serikat disebabkan oleh kesalahan pengemudi sendiri. Dengan mengadopsi teknologi canggih tersebut diprediksi dapat meminimalisir dampak dari kesalahan pengemudi tersebut.

Namun yang saat ini menjadi kendala adalah belum banyak atau menyebarnya pabrikan yang memasang fitur tersebut sebagai standar keamanan. Contohnya sistem keamanan kamera surround-view yang sampai saat ini saja baru terpasang sekitar 1 persen pada mobil – mobil terbaru yang kabarnya baru yang diprediksi akan segera meningkat mencapai 4 persen pada tahun 2020 mendatang. Dengan begitu dapat disimpulkan bahwa keseluruhan dari sistem tersebut akan berkembang sekitar 5 persen untuk setiap tahunnya. Menurut pihak – pihak yang terkait, konsumen diperkirakan akan bersedia untuk membayar harga yang lebih mahal demi untuk mendapatkan fitur keselamatan tersebut asalkan adanya konfirmasi dan penjelasan secara jelas dari pabrik produksinya.

Boston Consulting juga menambahkan, bahwa masih banyak dealer – dealer mobil yang masih kurang jelas dalam melakukan konfirmasi dan menjelaskan tentang sistem keselamatan tersebut, sehingga masih banyak konsumen yang kurang memahammi secara spesifik mengenai fitur keselamatan yang saat ini tengah diterapkan. Selain mendapatkan keamanan yang lebih, Sistem keselamatandengan driving assist juga akan membuka jalan pada pengembangan mobil otonoms (mobil tanpa pengemudi). Sebuah teknologi yang memungkinkan mobil akan beroperasi tanpa pengemudi ini diklaim akan mampu mengurangi kemungkinan kecelakaan hingga 90 persen. Dengan adanya perkembangan teknologi yang seperti ini diharapkan bisa meningkatkan pengguna mobil. Dengan meningkatnya jumlah pengguna kendaraan bermotor roda empat ini diharapkan semakin banyak perusahaan mobil yang juga mengalami dampak positif ini. Selain teknologi keselamatan yang saat ini tengah dikembangkan oleh beberapa pengembang diharapkan juga ada pengembangan dari teknologi keamanan. Diharapkan juga untuk para dealer – dealer bisa memberi penjelasan yang sejelas – jelasnya bagi para konsumen yang akan membeli mobil yang dibekali dengan teknologi terbaru ini.

Anda mungkin juga berminat Lagi daripada pengarang

Ruangan komen telah ditutup.