Suzuki Siapkan Motor Berteknologi Hidrogen Siap Dicoba

Selama ini teknologi hidrogen hanya dikenalkan atau diterapkan pada mobil saja. Sudah banyak pabrikan mobil yang berhasil menciptakan mobil berteknologi hidrogen. Sampai ditelinga sudah tidak asing lagi jika mendengar mobil berteknologi hidrogen.

Namun bagaimana jika teknologi hodrogen tersebut diterapkan pada motor? Mulai pada bulan Januari 2016 ini tekonologi hidrogen ini akan diterapkan pada motor serta akan dikenalkan pada dunia. Produsen motor Suzuki lah yang pada mulanya mengenalkan kepada dunia serta mengembangkan motor yang berteknologi hidrogen tersebut. Hal ini sudah diberikan izin oleh kementrian transportasi jepang untuk melakukan uji coba dijalanan umum. Setelah teruji dari proses produdsinya.

Suzuki ingin menjadikan motor berteknologi hidrogen ini menjadi hal yang wajar bagi masyarakat dan digunakan pada aktifitas mereka. Izin yang diberikan Kementrian Transoprtasi Jepang tersebut atas legalitas kendaraan berteknologi Hidrogen tersebut jika Suzuki telah memenuhi ketentuan-ketentuan yang telah distandarkan oleh kementrian Transportasi jepang yang mana terkait dengan keselamatan dan dampaknya pada lingkungan.

Motor Suzuki Burgman skutik yang besar ini sengaja didesain bagian mesinnya sehingga menggerakannya hanya bisa menggunakan gas saja. Sedangkan Tangki Gasnya ditaro dibagian bawah motor, berdekatan dengan standar motor.

Motor bertenaga Hidrogen ini telah dikembangkan sejak beberapa tahun kemaren bersama Inteligent Energy. Burgam juga telah dipamerkan kepada dunia pada acara Tokyo Motor Show tahun 2009 lusa.

Ternyata Suzuki tidak hanya melakukan uji coba serta memproduksi motor bertenaga hidrogen yang berjenis skuter saja, selain itu juga Suzuki telah menyiapkan motor berteknologi hidrogen tersebut dalam model trail. Akan tetapi sangat disayangkan bahwa motor yang berteknologi hidrogen tersebut diprediksikan cukup sulit diterima oleh umumnya masyarakat, terlebih lagi ketika mereka sudah nyaman dengan model biasa kemudian dihadirkan motor yang berteknologi hidrogen maka sangat susah bagi masyarakat untuk langsung beralih ke motor hidrogen tersebut.

Sebagaimana yang telah diprediksikan oleh MPPT (Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi), memang sudah banyak teruji bahwa motor bertenaga hidrogen ini memiliki banyak kelebihan serta banyak memberi harapan bagi para pengendaranya, namun motor ini akan ada sedikit kesulitan ketika mau dipatenkan.

Anda mungkin juga berminat Lagi daripada pengarang

Ruangan komen telah ditutup.