Sokonindo Automobile Siap Ramaikan Pasar Otomotif Indonesia

foto(google.com)
foto(google.com)

BintangOtomotif.com – Pesona pasar otomotif Indonesia memang memiliki daya tarik yang cukup besar di mata para perusahaan otomotif sejumlah negara meskipun saat ini berhembus kabar pajak masuk bertambah menjadi 50%. Salah satu yang akan ikut meramikan pasar otomotif tanah air adalah Sokonindo Automobile. Pabrikan otomotif asal Tiongkok itu akan mencoba peruntungannya bersaing dengan sejumlah perusahaan otomotif yang sudah terlebih dahulu memiliki nama di Indonesia. Namun sebenarnya PT Sokonindo Automobile sudah masuk ke Indonesia sejak November tahun lalu, namun menurut keterangan dari komisarisnya Alexander Barus, Sokon akan mulai berkiprah di Indonesia pada November 2015 ini.

PT Sokonindo Automobile kabarnya sudah memulai pembangunan pabrik perakitan di Tangerang, banten. Perusahaan asal Tiongkok ini telah menanamkan dana investasi sebesar USD150 juta pada pabrik tersebut. Komisaris Sokon menjelaskan bahwa dirinya akan menjadikan Indonesia sebagai pusat produksi untuk pasar Asia Tenggara. Persiapan yang telah dilakukan Sokon untuk mengekspansi pasar otomotif Indonesia hingga saat ini sudah terbilang cukup baik. Kehadiran Sokonindo Automobile ini juga merupakan peringatan untuk para pabrikan otomotif lainnya agar semakin meningkatkan kualitas dari produk – produk otomotif andalan mereka.

PT Sokonindo Automobile saat ini sedang membangun kembali pabrik yang dulu bekas digunakan Sanex yang saat ini sudah tidak digunakan untuk produksi. Menurut Alexander Barus pabrik yang dahulu akan di buat menjadi empat tingkat, untuk mesin sudah tiba di Tanjung Priok sedangkan mesin utama sedang di uji coba di Tiongkok. Perusahaan ini bisa dibilang cukup aktif dalam berproduksi, sokon sampai saat ini sudah berhasil memproduksi 400 ribu unit per tahun di negara asal mereka sedangkan di Indonesia tahap pertama mereka berencana akan memproduksi 50 ribu unit per tahun.

Baca Juga Berita Terbaru :

New Kawasaki Ninja ZX-10R Bakal Di Luncurkan Tahun Depan!

New Honda Vario 125 Akan Resmi Mengaspal Di India

Ferrari F12 Speciale Bakal Muncul Maret 2016 Mendatang

Namun yang sampai saat ini menjadi pertanyaan, mobil seperti apa yang akan di produksi oleh pabrikan otomotif asal Tiongkok ini. PT. Sokonindo Automobile rencananya akan memproduksi mobil dengan mesin diesel 1.300 dan 1.500 cc berbahan bakar bensin. Jenis mobil yang akan diproduksi di Indonesia adalah MPV yang kira – kira akan memiliki ukuran yang hampir mirip dengan Kijang Inova. Mereka mengungkapkan bahwa untuk saat ini seluruh suku cadang masih akan didatangkan dari Tiongkok. Namun untuk rencana kedepannya Sokonindo Automobile berencana membuat suku cadang di Indonesia.

Rencananya PT. Sokonindo Automobile akan memproduksi suku cadang mereka di tanah air dalam lima tahun kedepan. Sokonindo Automobile memiliki rencana untuk memproduksi 80 persen dari suku cadangnya di Indonesia.

Anda mungkin juga berminat Lagi daripada pengarang

Ruangan komen telah ditutup.