Rem Berdecit, Ini Solusinya

Penyebab-Rem-Motor-Berbunyi

Bintangotomotif.com – Saat ini di Indonesia sudah memasuki musim hujan, dan musin hujan memang menjadi masalah sabagian tersendiri bagi beberapa orang termasuk untuk pengendara sepeda motor. Apalagi jika dalam keadaan hujan deras dan kendaraan bermotor kesangan kita harus dipaksa untuk tetap melaju menerjang hujan deras tersebut selain masalah untuk kesehatan kita juga pasti akan ada banyak sekali resiko yang harus didapatkan untuk kendaraan kesangan kita khususnya kendaraan roda dua. Salah satu yang sering timbul saat musim hujan yaitu pada bagian rem motor akan memunculkan bunyi berdecit dan itu akan sangat mengganggu pendengaran. Bagi pengendara yang mengalami rem kendaraan kesayangan anda mengeluarkan bunyi berderit maka hal ini bisa jadi dikarenakan oleh debu yang terkena air dan menempel pada kanvas rem ataupun cakram kendaraan.

Menurut pendapat Selaku Asisten Manajer Technical Training PT Daya Adicipta Mustika (DAM) yang bernama Ade Rohman selaku distributor sepeda motor Honda Jawa Barat dalam kutipan yang dilansir dari news.okezone , pada hari Selasa (22/12/2015), ”Sisa gesekan antara kanvas rem dengan cakram serta debu atau kotoran dari lingkungan sekitar yang menempel pada rem cakram menimbulkan suara berdecit.”.

Ade juga menambahkan bahwa selain disebabkan oleh debu, bisa jadi disebabkan oleh kondisi kanvas pada rem kendaraan anda yang semakin menipis jadi kendaraan anda mengeluarkan bunyi berdecit, sehingga bisa menimbulkan suara yang sangat mengganggu telingan anda. Suara ini berbunyi dikarenakan adanya gesekan dari besi dan rem pada piringan cakram kendaraan anda. Tetapi, persoalan ini, untuk mendaptkan kenyamanan yang lebih maksimal untuk kendaraan anda saat berkendara ade menyrankan anda pemilik sepeda motor untuk selalu memerikasa terhadap kanvas rem secara berkala. Untuk melihat indikasi yang ada dikendaraan anda hanya perlu melihat dari indikator yang bisa dilihat dari keausan kanvas rem berupa garis, dan jika indikator itu sudah tidak ada atau semakin menipis itu menandakan jika adanya kanvas rem cakram yang harus segera diganti, Tapi, sebaikanya apabila masih tebal dan menimbulkan suara yang berdecit, maka hal itu bisa jadi menandakan anda harus segera membersihkan kanvas rem dengan menggunakan amplas nomor 1.000. Selain itu, anda juga harus membersihkan piringan cakram menggunakan air sabun, khususnya pada bagian lubang-lubang pendingin.

Jadi anda tidak perlu khawatir tentang bunyi yang timbul pada rem kendaraan kesangan anda cara-cara diatas bisa mengatasinya tapi kami sarankan untuk tetap melakukan pengecekan dibengkel motor resmi untuk lebih aman. Selalu cek secara rutin kendaraan anda dibengkel resmi untuk tetap menjaga peforma kendaraan kesayangan anda apalagi saat musim hujan ini pastikan kendaraan anda tetap aman saat anda gunakan untuk melewati hujan deras.

Anda mungkin juga berminat Lagi daripada pengarang

Ruangan komen telah ditutup.