Perusahaan Desainer Mobil Pininfarina Resmi Dibeli Mahindra India

Mahindra orang berkebangsaan india ini telah pukul palu atas pembelian saham perusahaan desainer mobil kondang asal Cambiano italia yang bernama Pininfarina.

Sebanyak 76,06 persen pembelian saham yang dilakukan Mahindra atas Desainer Mobil Pininfarina itu senilai 168 juta euro atau jika dirupiahkan sebesar Rp 2,57 triliun.

Itu sama saja Mahindra sudah menjadi pemilik saham penuh atas perusahaan desainer mobil Pininfarina. Bukan hanya  itu saja Mahindra menjadi pemilik saham penuh atas perusahaan, namun sebelumnya Mahindra juga berkecibung di produsen  motor Prancos Peugeot yang nilai sahamnya berhasil menguasai sebsesar 51 persen.

Mahindra mengungkapkan atas asumsi harga yang senilai Rp 2,57 triliun itu dari harga nilai tiap lembar saham Pinifarina  senilai  1,1 euro jika dirupiyahkan senbesar Rp 16.824.  sedangkan kepemilikan saham baru tersebut dimiliki perusahaan kerjasama antara Tech Mahindra dengan M dan M.

Jadi kombinasi kepemilikan saham Desainer Mobil Pininfarina antara kedua belah pihak Tech Mahindra dan M&M sebesar 60 persen dan 40 persen. 60 persen dipegang oleh Tech Mahindra dan sisanya dimiliki oleh M&M sebesar 40 persen.

Pininfarina masih memegang sisa saham sebesar 24,04 persen yang akan ditawarkan untuk umum, dan tanggal pengeksekusiannya ditargetkan sebelum akhir tahun 2016.

“Pininfarina akan menambah nilai besar untuk setiap lembar portofolio Tech Mahindra dalam bidang jasa rekayasa. Tapi yang lebih menariknya lagi adalah kredensial desain high-end legendaris Pininfarina yang akan secara signifikan memaksimalkan kemampuan desain seluruh Mahindra Group,” ujar Anand Mahindra, Ketua Mahindra Group.

Perusahaan Pininfarina ini telah lama berdiri sejak tahun 1930, dan yang mendirikanna adalah Sergio Pininfarina. Nama Pininfarina ini diambil dari nama Sergio Pininfarina yaitu selaku pendiri perusahaan desainer mobil Pininfarina.

Sudah banyak kali perusahaan Pininfarina berinovasi dan merancang beberapa mobil merek kondang, Seperti Ferrari, Maserati, Rolls-Royce, Alfa Romeo, Lancia dan lain-laiin. Yang lebih menarik lagi, bahwa perusahaan Pininfarina telah mendsai 100 model besutan Ferrari.

Bahkan pada saat henting-hentingnya yaitu ketika meninggalnya Sergio Pininfarina pemilik perusahaan Pininfarina pada tahun 2012 silam, dipersembahkan rancangan khusus Ferrari 458 untuknya, dan ini sekaligus sebagai simbol atau tanda jalinan antara kerjasama pihak yang terkait dengan perusahaan Pinanfarina selama 60 tahun.

Yang lebih menarik lagi bahwa model Ferrari 458 yang dipersembahkan untuk wafatnya Sergio pininfarina ini telah dipamerkan dalam ajang Geneva Motor Show pada tahun 2013. Bahkan pada acara besar Geneva Motor Show pada tahun 2015, memperkenalkan versi produksinya dan membatasi dalam pembuatannya, yaitu hanya membuat enam unit saja.

Anda mungkin juga berminat Lagi daripada pengarang

Ruangan komen telah ditutup.