Pertamina Ajukan 3 Solar Jenis Baru, Lalu Apa Namanya?

Beberapa hari yang lalu pertamina telah mengabarkan bahwa akan mengeluarkan jenis bahan bakar minyak (BBM) diesel atau solar yang baru pada tahun 2016 ini. Tiga jenis nama untuk varian solar itu terus bermumculan, mulai dari Solarlite, Diesellite, hingga Dexlite.

Muhammad Resa, Asisten Manager Brand Communication Pertamina membenarkan berita yang telah beredar tersebut yaitu bahwa pihaknya dengan segera akan mengeluarkan solar varian baru. Tapi terkait masalah nama apa saja yang akan diberikan kepada solar tersebut dia belum bisa menjelaskan lebih lanjut lagi.

‘’Jika brand saya belum bisa menjelaskan nama apa yang akan kami pakai untuk tiga varian solar itu. Memang rencana kami akan membuat solar varian baru. Dan seperti berita yang telah beredar bahwa kami akan meciptakan tiga jenis seperti Solarlite, Diesellite, Dexlite. Ya diantara ketiga itu,’’ jelas Muhamad Resa  Juma’at 18 Maret 2016.

Sebelumnya, CEO dan Founder MarkPlus Inc., Hermawan Kartajaya dalam Indonesia Marketeers Festival sempat berseloroh bahwa Pertamina akan meluncurkan melahirkan BBM baru dengan nama Dexlite. “Ada Pak Resa dari Pertamina di sini. Yang katanya sebentar lagi akan meluncurkan (BBM) baru Dexlite,” ucap Hermawan.

Mengenai masalah bahan bakar minyak diesel terbaru yang akan diproduksi oleh Pertamina, kabarnya bakalan memiliki angka cetane 51 jauh lebih baik jika dibandingkan dengan bahan bakar solar pada umumnya yang bersubsidi yaitu cetane 48.

Resa menjelaskan bahwa angka tertinggi menggambarkan akan kualitas solar yang lebih baik dari yang lainnya. Maksud dan tujuan pengeluaran solar dengan tiga jenis terabtru ini dikarnakan mengikuti jaman yang terus menerus mengalami pengembangan teknologi sehingga banyak bermunculan mesin-mesin baru.

‘’Solar yang baru ini memakai Cetane, jika semakin tinggi angkayna maka semakin bagus juga. Kita juga mengikuti teknologi yang terus berkembang pada kendaraan dan emisi gas juga akan semakin lebih baik,’’tuturnya.

Untuk saat ini jenis bahan bakar solar yang dijual di pertamina solar bersubsidi serta pertamina Dex Angka cetane Pertamina Dex yakni 53 dengan dibandrol harg sekitar Rp 9.600 per liter. 

Anda mungkin juga berminat Lagi daripada pengarang

Ruangan komen telah ditutup.