Perlahan Tapi Pasti Yamaha MX King Mulai Gusur Supra X 125

MX+KING+MERAH
Bintangotomotif.com – Yamaha bisa sedikit tersenyum ketika saat ini penjualan dari MX-King berhasil meningkat dan sedikit meninggalkan pesaing utama mereka Honda Supra X. Jika mengacu pada data dari Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) ada sebanyak 524.864 unit sepeda motor yang berhasil dijual di Indonesia sepanjang bulan Februari 2016 ini. Artinya ada trend peningkatan sebesar 26,08 persen jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya yaitu bulan Januari, dimana Yamaha MX-King hanya mampu mencatatkan penjualan sebanyak 416.213 unit saja. Sementara mengenai peningkatan penjualan sepeda motor pada bulan kedua ini dikatakan oleh Ketua Bidang Komersial Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) Sigit Kumala, adalah sebuah momentum yang sangat tepa untuk pasar roda dua saat ini.
Menurutnya, indikasi peningkatan jumlah penjualan sepeda motor sudah terlihat sejak bulan Januari 2016. Hanya saja karena pabrikan punya banyak stok unit di bulan Januari maka banyak pabrikan yang memilihi menahan distribusi motor pada bulan tersebut.
“Bulan Januari kan kondisi stok (sepeda motor) nasional dari beberapa merek masih tinggi. Jadi, bulan lalu (Februari) sudah waktunya untuk mengisi pasar. Karena penjualan Januari masih oke, penjualan retailnya,” kata Sigit
Jika secara akumulasi memang trend penjualan mulai mengalami peningkatan sejak bulan Februari 2016 kemarin, tetapi sigit juga menambahkan kembali jika pada bulan kedua ini siap menebarkan tantangan bagi seluruh pabrikan motor di Tanah Air. Kemungkinannya di beberapa daerah mengalami kenaikan penjualan, sementara di daerah lainnya justru mengalami penurunan yang cukup signifikan.
“Tantangan di Februari, ya banjir di daerah-daerah agak mengganggu, walaupun Jakarta enggak banjir. Ya paling ada daerah yang (penjualannya) naik, ada daerah yang turun,” ujarnya.
Jika saat ini kita membahas tentang jenis motor apa yang paling laris, honda saat ini masih mendominasinya. Dengan tangga teratas masih ditempati oleh Skuter matik Honda BeAT. sementara untuk segmen sport Yamaha V-Ixion masih menjadi penantang yang tangguh, V-Ixion menjadi motor terfavorit sementara Honda CB150R Streetfire harus puas menempati posisi kesepuluh. Yang menarik lagi untuk segmen bebek meskipun saat ini Honda Revo menjadi yang terlaris namun di posisi lainnya Yamaha MX King mampu menggusur tahta dari Honda Supra X 125. Semua ini membuktikan jika Yamaha perlahan mulai kembali pulih dan produk – produk terbarunya mulai kembali bisa diterima oleh masyarakat Tanah Air.
Berikut ini adalah jajaran 10 motor terlaris pada bulan Februari 2016 :
  1. Honda BeAT 185.187 unit
  2. Honda Vario 83.619 unit
  3.  Yamaha Mio 45.489 unit
  4.  Honda Scoopy 41.599 unit
  5.  Yamaha New V-Ixion 21.319 unit
  6.  Honda Revo 15.324 unit
  7.  Yamaha NMAX 13.999 unit
  8.  Yamaha MX King 12.075 unit
  9.  Honda Supra X 125 10.335 unit
  10.  Honda All New CB150R 10.148 unit

Anda mungkin juga berminat Lagi daripada pengarang

Ruangan komen telah ditutup.