Perhatikan Rel KA di Sekitar Anda, Pemicu Kecelakaan

Bintangotomotif.com-Dikarnakan mayoritas masyarakat Indonesia masih berpikir premitif serta masih terikat dengan agama nenek moyang. sehingga setiap ada masalah yang berkaitan dengan kecelakaan maka mereka mengaitkan dengan hal yang mistik. Mereka menganggapnya bahwa hal tersebut dikarnakan campurtangan jin, terutama tempat yang sering terjadi kecelakaan. Terlepas dari alasan mereka yang menganggap bahwa tampat itu keramat, atau karna belum di kasih sesajen. Ditambah lagi akhir-akhir ini telah terjadi peristiwa mobil tertabrak kereta api dikarnakan terhenti tiba-tiba. Jika dikritisi mengenai kepercayaan masyarakat yang masih mistis, itu tidak benar terlebih lagi jika mereka suruh membuktikannya. Sedangkan hukum asalnya bahwa jin itu tidak bisa menyakiti manusia secara langsung.

Akhir-akhir ini telah terjadi kecelakaan yang melbatkan salah satu transportasi masal di Jakarta dengan kereta api, meskipun hal tersebut dikarnakan ketedoran pengemudi yang enggan mematupi peraturan yang ada, yaitu menerobos palang pintu rel yang sudah tertutup.

Seharusnya hal yang seperti ini haru dijadikan pelajaran bagi para pengemudi yang lainnya, agar mematuhi peraturan yang sudah ada. Adanya peraturan bukan berarti harus dilanggar. Dikarnakan semua itu demi ketertipak dan keamanan lalu lintas.

Memang tidak sedikit kecelakaan yang ditimbulkan dari mobil yang berhenti di tengah perlintasan rel kereta api. Hal ini sering terjadi pada yang biasanya terjadi di rel tanpa palang pintu.
Pengemudi lengah dengan tidak menyadari adanya kereta yang akan melintas. Selain itu, mobil yang mogok umumnya berbahan bakar bensin. Banyak pakar menarik kesimpulan, bahwa faktor medan magnet lah yang menjadi pemicunya.
Kata Pakar LIPI Soal Mobil Mogok di Palang KRL

Bagaimana pula medan magnet itu dapat mematikan mesin mobil? Rel yang dilewati kereta api dalam jarak 600 meter ternyata menghantarkan medan magnet yang sangat tinggi, sehingga bisa mematikan putaran mesin mobil yang melintasi rel tersebut.

Pernyataan tersebut dibenarkan oleh dosen teknik mesin sebuah perguruan tinggi di Surabaya. Menurutnya, penyebab kendaraan (baik mobil atau pun sepeda motor) mogok tepat di atas rel, adalah karena medan magnet yang dikeluarkan roda kereta api dan menyalurkan melalui rel.

Dikarnakan roda KA terbuat dari baja berjenis ferritic yang mana jenis itu adalah jenis yang paling baik, sehingga akan menghasilakan medan magnet yang besar dan kuat. Ditambah lagi dengan perputaran roda yang sangat kuat menyebabkan medan magnet akan maju terlebih dahulu. Bisa mencapai 600 meter ke depan. Artinya, ketika kereta api lewat, dalam radius 600 meter ke depan rel tersebut menghantarkan medan magnet yang tinggi.

Seharusnya hal yang seperti ini bisa ditangai langsung oleh PT kerata api Indonesia, yaitu dengan dibuatkan ground yang menghubungkan rel dengan tanah. Dengan demikian medan magnet bisa hilang.

Tapi semestinya para pengendara juga harus lebih berhati-hati juga dan harus mentaati peraturan yang sudah di pasang pada setiap jalur kereta api. Jangan samapai harus terjadi kecelakaan dahulu baru bisa mensadarkan.

Anda mungkin juga berminat Lagi daripada pengarang

Ruangan komen telah ditutup.