Ingin Tahu Penyebab Motor Matic Bergetar? Kenali Komponen Ini

Bagi pengguna motor matic barangkali pernah mengalami motor bergetar saat tarikan awal. Umumnya, penyebab motor matic bergetar, selain karena motor berada pada kecepatan rendah. Juga karena ada masalah di dalam komponen CVT (Continuously Variable Transmission).

Mengenal Komponen CVT

CVT sendiri memiliki fungsi yang sangat penting bagi motor matic. Jadi, sebelum mengetahui penyebab motor skutik bergetar, ada baiknya Anda memahami komponen utama yang ada di dalam CVT, yakni V-Belt, Roller Weight, dan Kampas Kopling.

1. V-Belt

Bentuknya seperti sabuk yang berfungsi menghubungkan daya dari mesin ke roda belakang. Untuk motor non-matic, V-Belt juga berperan sebagai rantai. Seperti halnya rantai pada motor biasa, Anda pun perlu membersihkan komponen ini secara rutin.

Perawatan berkala penting Anda lakukan. Bukan hanya agar berfungsi maksimal namun juga untuk mendeteksi risiko kerusakan pada komponen V-Belt. Sabuk yang rusak tentu akan sangat membahayakan si pengendara.

2. Roller Weight

Lebih dikenal dengan sebutan roller saja, komponen CVT yang satu ini berbentuk seperti roda pemberat. Posisinya ada di dalam mesin dan umumnya berwarna hitam. Karena sering dipakai, roller ini bisa hancur. Anda harus segera menggantinya jika sudah rusak atau karena adanya malfungsi.

Untuk mengetahui kondisi roller apakah masih dalam kondisi baik atau sudah rusak. Anda bisa memeriksanya dari bunyi CVT. Jika ada suara berisik dalam CVT, berarti roller sudah rusak.

3. Kampas Kopling

Komponen motor yang satu ini paling familiar bagi pengendara motor pada umumnya. Apa yang harus Anda perhatikan terhadap komponen ini? Ketebalan kampas kopling yang ada di dalam CVT. Segera ganti jika kampas kopling ketebalannya sudah dibawah ambang batas.

Anda yang memaksakan menggunakan kampas kopling dalam keadaan rusak atau sudah tipis akan sangat membahayakan diri Anda. Selain itu, kerusakan kampas kopling juga akan merembet ke komponen lainnya.

Salah satunya adalah mangkok kampas (clutch housing). Akibat dari kerusakan mangkok kampas ini akan berdampak pada kenyamanan motor saat dikendarai. Misalnya, muncul getaran saat pada posisi kecepatan rendah.

Baca Jug : 6 Penyebab Lampu Motor Mati yang Harus Anda Waspadai

Penyebab Motor Matic Bergetar

Disinilah pentingnya Anda terlebih dahulu mengenal komponen CVT. Sebab, motor matic bergetar adalah akibat adanya kerusakan pada salah satu komponen CVT tersebut. Setidaknya terdapat tiga penyebab motor matic gredek saat mau jalan.

1. Kotoran

Kotoran yang ada pada CTV disebabkan oleh beberapa faktor, misalnya berasal dari kampas ganda. Bisa juga berasal dari faktor eksternal yakni lingkungan sekitar. Jika Anda mengendarai motor sering melewati lingkungan yang banyak debu, misalnya, hal itu akan membuat bagian dalam CVT cepat kotor.

Kotoran dalam CVT bisa mempengaruhi performa kampas dan mangkok ganda, sehingga membuat kampas ganda tidak bisa bekerja maksimal. Dalam kondisi normal, kampas ganda seharusnya bisa menekan mangkok kampas ganda. Hal ini menyebabkan motor matic terasa bergetar.

2. Damper Kampas Ganda

Penyebab lain kendaraan motor matic bergetar adalah karena damper kampas ganda. Disini, damper berfungsi menahan kampas ganda. Jika kinerja damper sudah tidak maksimal, hal itu bisa menyebabkan kampas ganda menjadi mudah goyang.

Akibat dari kampas ganda goyang akan berpengaruh terhadap kondisi tapak kampas. Karena tapak kampas tidak bisa menyentuh mangkok kopling maka motor matic menjadi bergetar.

3. Seal Pulley Belakang

Terakhir, yang menyebabkan motor skutik bisa bergetar hebat adalah terjadinya kebocoran gemuk pulley bagian belakang. Hal ini umumnya terjadi karena seal pulley sudah rusak atau mulai lapuk.

Jika seal pulley yang rusak dibiarkan maka gemuk akan masuk ke mangkok kampas ganda. Yang terjadi selanjutnya adalah kampas ganda akan slip dan motor Anda menjadi bergetar.

Jika Anda sudah mengetahui penyebab motor matic bergetar maka segera lakukan perbaikan agar nyaman saat dikendarai. Segera bersihkan komponen CVT-nya. Namun, untuk hasil maksimal, disarankan agar Anda membawanya ke bengkel resmi.

Ruangan komen telah ditutup.