6 Penyebab Lampu Motor Mati yang Harus Anda Waspadai

Lampu motor yang mati tentu bisa menjadi masalah besar ketika anda menggunakan kendaraan pada malam hari. Lampu motor tidak hanya digunakan untuk penerangan tapi juga menjadi salah satu dari aturan lalu lintas berkendara. Maka dari itu Anda harus tahu penyebab lampu motor mati agar setiap saat bisa waspada.

Saat lampu motor tiba-tiba mati di jalan raya bisa jadi penyebab anda mendapat tilang dari petugas kepolisian. Simak berikut ini apa penyebab lampu motor tidak menyala?

1. Kabel Motor Bermasalah

Kabel motor bermasalah bisa menjadi penyebab mengapa lampu motor mati. Ini biasanya sering terjadi pada seseorang yang memiliki kesenangan untuk modifikasi motor. Terlalu sering melakukan modifikasi seseorang biasanya mengabaikan pemasangan kabel kembali setelah dibongkar.

Sering juga terjadi lampu motor redup ketika memasang kabel tidak di posisinya. Maka dari itu sebaiknya lebih teliti ketika melakukan modifikasi terutama pada sistem listrik motor.

2. Masalah Pada Bagian Relay

Bagian relay juga bisa menjadi penyebab mengapa lampu motor redup atau mati. Lakukan cek pada bagian sekring atau relay ini. Umumnya yang terjadi adalah relay sudah sangat kotor atau terdapat karatan di bagian dalamnya jadi mempengaruhi lampu.

Warna lampu mula-mula akan mulai redup lalu ketika dibiarkan akan semakin parah. Bahkan bisa menjadi penyebab lampu motor mati terus.

3. Bukan Lampu Asli

Ketika pengendara motor menggunakan lampu yang bukan asli dari pabrikan maka bisa menyebabkan lampu motor sering putus. Pada lampu motor pabrikan biasanya menggunakan model standar. Jadi ketika pengendara melakukan variasi lampu bisa saja ukuran watt-nya tidak sesuai.

Cara memperbaiki lampu motor sering putus dengan memasang lampu dengan ukuran watt yang tidak berlebih. Agar lampu lebih awet jadi Anda tidak perlu sering menggantinya.

Baca Juga : Ketahui 6 Penyebab Motor Injeksi Mati Mendadak

4. Lampu Motor Terkena Air

Ketika motor sering terkena hujan atau bagian lampu kemasukan air maka lampu bisa saja mati. Air mudah masuk ke bagian reflektor sehingga rusak atau berlubang. Atau Anda Anda kemungkinan tidak menggunakan karet pelindung pada dudukan lampu sehingga air mudah masuk.

Ini bisa menjadi salah satu penyebab lampu motor Beat mati total. Lampu motor yang putus bisa ditandai dengan ciri-ciri berwarna hijau.

5. Problem pada Bagian Aki

Aki motor tentu perlu dicek ketika lampu motor tidak bisa memberikan penerangan. Sumber listrik pada kendaraan Anda tersebut juga berasal dari aki. Maka dari itu ketika bagian aki sudah soak maka mempengaruhi lampu motor yang mati.

Lakukan pemeriksaan secara berkala pada aki, agar Anda tidak mengalami kondisi dimana lampu motor mati tiba-tiba. Tentu hal ini akan merepotkan saja apalagi dalam kondisi darurat saat berkendara.

6. Mengalami Overcharge

Ketika aki terlalu banyak mendapatkan asupan listrik bisa menyebabkan lampu motor mudah putus yang membuatnya mati. Istilah ini disebut juga dengan overcharge, di mana lampu motor putus saat di gas. Ketika motor digas sampai batas maksimal maka pengisian daya listriknya tidak boleh lebih dari 14,5.

Meskipun ada beberapa tipe yang angkanya ada di 15,5. Jika Anda melakukan pengisian arus listrik lebih dari batas maksimal maka terjadi overture overcharge. Hal ini tidak hanya membuat lampu motor mati tapi berpengaruh pada aki yang menjadi panas.

Demikian beberapa penyebab lampu motor mati yang umumnya terjadi. Jika lampu motor Anda sudah mulai redup sebaiknya waspada dan lakukan pengecekan pada bagian seperti di atas.

Ruangan komen telah ditutup.