Pentingnya Perlengkapan P3K Saat Berkendara

Sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 80 Tahun 2012, yang mengatur tentang Tata Cara Pemeriksaan Kendaraan Bermotor di Jalan dan Penindakan Pelanggaran Lalu Lintas dan Angkutan Umum, di sana tertera, salah satu kelengkapan yang wajib ada di dalam mobil adalah peralatan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K). Oleh sebab itu, keberadaan perlengkapan P3K wajib adanya. Jika sampai tidak ada di kendaraan, maka Anda pun bisa dimenai sanksi dari aparat yang berwenang karenanya.

Sekilas memang terlihat sepele dan bahkan amat jarang digunakan. Walaupun demikian, perlengkapan P3K ini harus selalu ada di kendaraan, yang berguna untuk pertolongan pertama saat terjadi kecelakaan di jalan raya. Selain itu, perlengkapan P3K juga bisa berfungsi sebagai kotak obat yang menyediakan obat cadangan yang diperlukan saat di perjalanan dalam upaya pemulihan kesehatan.

Agar berkendara semakin nyaman dan tenang, pastikan kelengkapan P3K tersedia di dalam mobil. Berikut ini beberapa hal penting yang wajib diperhatikan terkait perlengkapan P3K sebagaimana kami kutipkan dari situs Astraword:

• Perlengkapan P3K sebaiknya ditempatkan di kotak khusus atau wadah bertutup kuat namun mudah dibuka-tutup, portabel (mudah dibawa), dan sebaiknya diberi tanda palang merah atau tulisan P3K agar orang lain cepat menemukannya.
• Taruh perlengkapan P3K di lokasi yang mudah dilihat dan mudah dijangkau di dalam mobil.
• Lengkapi perlengkapan P3K dengan plester luka, kasa steril, perban atau kain kasa, kapas, alkohol 70% untuk membersihkan luka, obat merah atau antiseptik untuk luka, balsem/minyak angin/minyak kayu putih, obat bebas penghilang rasa sakit (analgesik), obat antialergi (antihistamin), obat anti mual, obat antidiare, gunting kecil, dan pinset.
• Cek kotak P3K secara rutin, setidaknya setiap tiga bulan sekali. Gantilah isi kotak P3K yang sudah kadaluarsa atau rusak dengan yang baru.

Yang jelas, ketersediaan kotak P3K di dalam mobil tergolong perlengkapan yang penting. Banyak kejadian darurat yang menyangkut keselamatan pengendara di jalan yang dapat diatasi dengan kesediaan obat maupun perlengkapan pengobatan yang kita bawa. Jangan lupa pula untuk menyimpan nomor telepon dokter pribadi dan rumah sakit sehingga Anda dapat dengan mudah menghubungi ketika membutuhkan bantuan medis.

Anda mungkin juga berminat Lagi daripada pengarang

Ruangan komen telah ditutup.