Pakai Mesin Baru, Suzuki Harap Bisa Podium di MotoGP Tahun Depan

Jauh hari sudah mempersiapkan untuk menghadapi musim balapan Motor Gp tahun 2016, Suzuki telah melakukan segala macam perubahan performa termasuk menggunakan seamless gearbox. Dengan menambahkan mesin baru ini diharapkan Suzuki bisa membawa mereka ke podium tahun depan.

Padahal sebelumnya, Suzuki merencanakan untuk menggunakan seamless gearbox tahun ini, namun dikarnakan bebrapa sebab jadi Suzuki tidak mau terburu-bueu karna Suzuki tidak mau mengambil resiko semacam kecelakaan yang tidak diduga-duga kehadirannya. Masalah tersebut yakni karna pengembangannya yang telat.

“Diam-diam ternyata Suzuki sudah dites di Jepang, Suzuki Suzuki sudah aplikasi seamless gearboxdan dites oleh Maverick Vinales, dan dia bilang sangat bagus. Dia bilang kalau saja seamless gearbox diaplikasi lebih cepat di pertengahan tahun, dia bisa juara di Phillip Island. Dan untuk tahun depan akan upgrade mesinnya dan framenya. Jadi kami semua tim Suzuki dan seluruh dunia mengharapkan dengan mesin baru ini bisa masuk podium,” ujar Nobuatsu Aoki, Team Suzuki MotoGP 2015 Test Rider, saat ditemui di Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat.

Namun yang disayangkan pada tahun ini Motor Suzuki GSX-RR menurun penilaian Aoki, serta di awal musim balapan para pembalap mengalami kesulitan karena masalah tenaganya yang agak kurang.

“Pada pertengahan pertengahan musim tim meng-upgrade mesinnya, setiap kali ada upgrade motor makin kencang dan bisa masuk 10 besar,” ujar Aoki.

Pada waktu itu Aoki tidak hanya berbiicara mengenai masalah MotorGP saja, melainkan Aoki memmbicarakan mengenai kemungkinan masuknya pembalap Indonesia ke ajang MotorGP. Menurut dia, peluang pembalap Indonesia ke kancang MotorGp sangat terbuka lebar. Bahkan Suzuki pun sudah melakukan audisi bagi pembalap berbakat yang bisa di salurkan ke level internasional, sepertihalnya MotorGP lewat penyelenggaraan Suzuki Indonesia Challenge (SIC) yang grand finalnya diselenggarakan di Sirkuit Sentul, Minggu 20 Desember kemarin.

“Suzuki sangat mendukung program Suzuki untuk kaum muda khususnya pebalap SIC di level dunia. Kesempatan terbuka luas! Bisa saja Andreas (Andreas Gunawan, finalis SIC periode pertama yang juga menjadi jawara di Suzuki Asian Challenge-red) terpilih jadi pebalap MotoGP berikutnya,” ujar Aoki.

Dalam grand final Suzuki Indonesia Challenge yang seasons ke dua kemarin ada dua orang pembalap meda yang mempunyai nyali dan terpilih sebagai yang terbaik dari yang lain dan akan menjadi wakil Indonesia di Asia setelah mereka bisa lolos menjadi juara di Grand final Suzuki ndonesia Challenge season 2 di Sentul Internastional Circuit, Minggu 20 Desember 2015.

Dan kedua orang tersebut adalah Jefri Tosema (19 Tahun) asal Pekanbaru dan Rizal Feriyadi (15 tahun) asalal samarinda yang telah sukses mendapatkan tiket emas menuju balapan Suzuki Asian Challenge 2016 di rangkaian Asia Road Racing Championship (ARRC).

Selain dua pembalap yang telah lolos dalam ajang balapan Suzuki Asian Challenge 2016 di rangkaian Asia Road Racing Championship (ARRC) tadi suzuki juga masih mencari satu pembalap lagi yang akan djadikan wild card untuk mengikuti balapan di tingkat ASIA.

Anda mungkin juga berminat Lagi daripada pengarang

Ruangan komen telah ditutup.