Pakai Aki Kering? Ini Cara Merawat Aki Kering Agar Panjang Umur

kali ini aki kering atau MF (Maintenance Free) telah menjadi pilihan dari kebanyakan pabrikan otomotif tertama sepeda motor. Mengingat lebih praktis aki kering juga dipercaya lebih bayak keunggulan jika dibandingkan dengan aki basah. Walaupun aki kering memiliki banyak kelebiha bukan berarti tidak membutuhkan perawatan juga. Perawatan berjutuan agar usia pakai aki kering tersebut lebih lama.

Ahmad Bakri, Kepala mekanik bengkel Eka Jaya Motor di Jakarta Barat, mengatakan bahwa semakin sering kendaraan tersebut yang menggunakan aki kering maka semakin bagus juga keawetan aki kering tersebut, karna ketika digunakan pengisian listrik pada aki tetap setabil. Dan begitu sebaliknya, jika memang jarang digunakan maka sebaiknya panaskanlah minimal selam lima menit.

‘’Jika motor jarang atau tidak digunakan maka minimal panaskanlah mesinnya dua sampai lima menit setiap harinya,’’ tuturnya.

Dia menambahkan ketika ingin berkendara usahakan hindarilah jalan yang berlubang atau setidaknya meminimalisir guncangan pada motor, jika lubang tersebut tidak bisa dihindari maka perlahanlah untuk melaluinya. Karna ketika sering mendapat guncangan yang keras maka aki terserbut akan cepat rusak.

Selain itu bis juga menggunakan electric starter setiap hari, akan tetapi jika ingin memanaskan motor dipagi hari gunakanlah engkol. Karna penggunaan kick starter setiap hari dapat membantu menyebarkan oli ke seluruh komponen mesin yang ada dalam motor.

Dan jangan lupa selalu memperhatikan apakah kabel terminal aki selalu tertutup rapat.

‘’Jangan lupa untuk selalu mengecek posisi kabel terminal aki, jangan sampai terbuka karna harus selalu tertutup rapat. Karna bisa terjadi korsleting jika lembab,’’tambahnya.

Anda mungkin juga berminat Lagi daripada pengarang

Ruangan komen telah ditutup.