Jangan Sampai Salah! Ini Dia Tips Memilih Oli Mobil Terbaik

Jika Anda sehari-harinya sering berkendara menggunakan mobil, perawatan mesin mobil tentunya menjadi hal yang sangat penting. Salah satu perawatan mesin yang umum dilakukan yaitu dengan penggunaan oli mobil terbaik. Pengen tahu tips jitu dalam memilih oli mobil ? Berikut informasi selengkapnya.

Tiap komponen dari mesin mobil akan menimbulkan banyak gesekan saat dijalankan. Untuk mengurangi gesekan tersebut maka perlu menggunakan oli sebagai pelumas.

Kualitas oli dapat dilihat dari tingkat kekentalan/viskositas, sertifikasi, serta bahan pembuatan oli. Semakin bagus kualitas oli maka kinerja mesin mobil Anda semakin baik.

Pilihlah Oli dengan Viskositas Paling Tepat

Agar oli yang Anda gunakan dapat bekerja maksimal pada mesin mobil, Anda perlu menyesuaikan karakter mesin mobil dengan kekentalan/viskositas oli yang dipakai. Angka atau nilai kekentalan oli tertera pada wadah dengan kode SAE (Society of Automotive Engineer).

Sebagai contoh, jika pada kemasan oli tertera SAE 15W-40. Kode tersebut berarti kekentalan oli 15 saat kondisi winter (musim dingin) dan 40 saat suhu panas. Brand oli yang beredar di pasaran umumnya menyediakan oli dengan tingkat kekentalan yang berbeda. Sehingga bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan mesin mobil.

Sesuaikan dengan Jenis Mesin Mobil

Tips pemilihan oli mobil berikutnya yaitu penyesuaian jenis mesin. Sangat penting untuk menyesuaikan jenis oli yang digunakan dengan jenis mesin mobil. Untuk mengetahuinya, Anda bisa menggunakan buku panduan manual dari mobil yang diperoleh pada saat membeli mobil.

Dalam buku panduan tersebut terdapat informasi mengenai jenis oli mobil terbaik yang cocok digunakan untuk mesin mobil Anda. Rekomendasi jenis oli dari pabrik tentu akan membuat kinerja mesin lebih optimal.

Mesin-mesin mobil saat ini umumnya membutuhkan oli dengan tingkat viskositas rendah atau encer. Tapi kalau mobil Anda termasuk keluaran lama (20 hingga 30 tahun lalu) maka gunakan oli dengan viskositas tinggi atau kental.

Periksa Komposisi Oli

Ditinjau dari komposisi oli, terdapat yang berbahan sintetik dan ada pula yang non-sintetis. Oli yang pada kemasannya terdapat keterangan synthetic berarti merupakan oli sintetis yang lebih bersih dan juga encer.

Oli sintetik dibuat melalui beberapa tahapan reaksi kimia yang kemudian ditambah zat aditif yang memaksimalkan fungsi oli bagi mesin. Sedangkan jika tidak terdapat keterangan synthetic maka bisa dipastikan komposisinya berasal dari minyak mineral dari alam.

Minyak mineral atau minyak bumi tersebut didestilasi dan dimurnikan hingga menghasilkan mineral base oil yang siap digunakan secara bertahap. Anggapan bahwa oli sintetik yang berharga lebih mahal selalu lebih baik tidak sepenuhnya benar.

Tips saat memilih oli mobil terbaik dari segi komposisi, diantara keduanya tidak ada yang lebih bagus karena setiap mesin memiliki kebutuhan oli sesuai karakter mesin tersebut.

Baca Juga : Cara Cek Oli Mobil Mudah dan Tidak Ribet

Cek Sertifikasi dari Oli

Hal penting yang juga mesti Anda perhatikan saat ingin memilih oli untuk mobil yaitu sertifikasi. Terdapat beberapa badan resmi yang mengeluarkan sertifikasi oli yaitu ILSAC, ACEA, JASO, dan API.

Sertifikasi oli mobil akan menjamin kualitas serta stAndar dari oli. Kode sertifikasi oli biasanya diikuti dengan huruf tambahan dibelakangnya. Sebagai contoh, API yang diikuti huruf SM atau CE.

Huruf belakang yaitu M dan E menAndakan level kualitas terbaru. Semakin dekat huruf tersebut dengan huruf terakhir (huruf Z) maka semakin baru. Sedangkan huruf depan S dan C menunjukkan peruntukannya. S untuk mesin bensin C untuk mesin diesel.

Nah, sekarang Anda sudah tahu tips-tips dalam memilih oli mobil terbaik. Agar lebih menjamin dan memaksimalkan fungsi oli yang digunakan, perlu juga dibarengi dengan perawatan yang rutin. Oli berkualitas baik dengan mesin yang tetap terawat akan membuat Anda semakin nyaman dan aman saat berkendara.

Ruangan komen telah ditutup.