New Yamaha R3 Akan Segera Mengaspal Di India

r3

BintangOtomotif.com – PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing kabarnya telah memproduksi New Yamaha YZF-R3 namun mereka tidak menjual produknya ini dipasar otomotif dalam negeri karena beberapa alasan dan justru menjualnya ke beberapa negara di kawasan Asean serta India. Motor sport produksi Yamaha ini kabarnya akan segera mengaspal di India pada tanggal 11 Agustus mendatang dan peluncurannya sendiri akan dilakukan di Buddh International Circuit. Pihak Yamaha kabarnya mendatangkan Yamaha R3 ini langsung dari Indonesia ke India secara CKD, sedangkan untuk masalah harga sepeda motor yang berada di segmen 300 cc pihak Yamaha sendiri masih enggan untuk memberikan keterangan. Namun menurut spekulasi yang beredar kemungkinan besar Yamaha R3 ini akan di banderol dengan nominal Rp. 63 jutaan atau setidaknya hampir sama dengan harga yang di pasang oleh pesaing mereka yaitu Kawasaki Ninja 300.

New Yamaha R3 2015 ini sendiri mengusung mesin dengan kapasitas 321 cc silinder ganda yang mampu menghasilkan tenaga mencapai 41,4 hp serta torsi puncak mencapai 29,6 Nm. Dengan bobot yang hanya seberat 169 kg tentunya akselerasi dari Yamaha R3 buatan Indonesia ini cukup bagus, apalagi disektor kaki – kaki juga telah dibekali dengan fitur ABS sebagai penunjang keselamatan, walaupun demikian pihak Yamaha juga sudah menyiapkan versi non ABS dengan harga yang lebih murah. Di pasar otomotif India motor sport yang memiliki desain keren ini akan bersaing dengan beberapa kompetitor lainnya seperti Hyongsung GTR, KTM RC 390, Kawasaki Ninja 300 dan Honda CBR300.

Baca Juga Berita Otomotif Terbaru :

Berbeda dengan India dan Eropa yang dalam waktu dekat ini akan segera bisa merasakan New Yamaha R3, Indonesia yang merupakan produsennya justru tidak menjadi prioritas utama dari PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing untuk pemasaran Yamaha R3 karena harga dan juga mesin kurang sesuai untuk pecinta otomotif di tanah air. Seperti yang dijelaskan oleh GM Service & Motorsport Yamaha Indonesia, M. Abidin bahwa pihaknya memang lebih fokus untuk memenuhi ekspor terlebih dahulu dan belum mau menerima permintaan dari dalam negeri. Peraturan PPnBM dari pemerintah Indonesia yang cukup berat menjadi alasan utama mengapa YIMM justru tidak menjadikan Indonesia sebagai target pemasaran.

Perlu diketahui bahwa pajak PPnBM yang dikenakan untuk motor yang menggunakan mesin diatas 250 cc hingga 500 cc akan dikenakan pajak hampir mencapai 65 persen. Sedangkan motor diatas 500 cc dibebankan pajak sebesar 125 persen. tentu saja hal ini cukup menyulitkan bagi Yamaha Indonesia apabila tetap memaksakan untuk menjual Yamaha R3 yang memiliki mesin 300 cc. Meskipun demikian pihak Yamaha mengungkapkan tidak menutup kemungkinan apabila suatu saat nanti YIMM juga akan menjual Yamaha R3 ke publik tanah air dengan berbagai pertimbangan. Untuk saat ini pihak Yamaha Indonesia mengklaim bahwa konsumen dalam negeri sebenarnya lebih cocok pada sepeda motor dengan mesin 250 cc dan 150 cc saja karena lebih sesuai dengan postur tubuh maupun harga pembelian.

Anda mungkin juga berminat Lagi daripada pengarang

Ruangan komen telah ditutup.