Mudik Pakai Motor? Persiapkan Hal-hal Berikut Ini!

Lebaran sebentar lagi. Ada perasaan senang yang membuncah saat bisa bersua dengan karib kerabat, orang tua dan handai taulan di kampung halaman yang telah lama ditinggalkan.

Bagi rekan yang di perantauan, mencari penghidupan di negeri orang, moment mudik adalah moment yang ditunggu-tunggu kehadirannya setahun sekali. Apapun caranya akan ditempuh agar bisa mudik. Bahkan meski harus naik sepeda motor berhari-hari.

Nah, khusus rekan yang akan mudik memakai sepeda motor, ada baiknya persiapakan segala sesuatunya semenjak sekarang. Perhitungkan dengan matang, baik itu dari kondisi motor, fisik pemudik dan juga siapa dan apa yang akan dibawa nanti.

Persiapan Mudik Pakai Motor

Beberapa persiapan yang musti diperhatikan dari sekarang adalah seperti berikut ini:

  1. Pastikan sepeda motor dalam kondisi prima. Service dan cek kondisi motor di bengkel langganan Anda. Cek semua bagian motor, mulai dari ban motor, rem, rantai, jari-jari, oli, sistem perlistrikan motor, dan lainnya.
  2. Jaga dan persiapkan kondisi fisik pengendara. Siapkan fisik dan mental. Untuk mudik memerlukan daya tahan tubuh yang kuat. Jika sakit, jangan paksakan mudik memakai sepeda motor.
  3. Bawa bekal secukupnya saja, jangan berlebihan. Jika banyak barang yang akan dibawa, ada baiknya mengirimkannya terlebih dahulu via jasa kurir atau titipan paket. Ini akan meringan beban bawaan Anda nantinya.
  4. Pengaturan waktu yang baik. Perkirakanlah waktu keberangkatan Anda. Jika mungkin, perkirakan bahwa Anda sudah sampai di kampung halaman pada saat sebelum malam. Saat malam atau gelap, biasanya kondisi tubuh akan masin menurun. Jika memang perjalanan yang sangat jauh, jika ragu-ragu melakukan perjalanan pada malam hari, hendaknya istirahatlah. Untuk ini bisa dilakukan di posko-posko peristirahatan yang biasanya banyak berada di sepanjang jalur mudik.
  5. Jika mungkin, carilah teman sesama pemudik. Banyak hal positif ketika kita mudik secara rombongan. Apalagi jika sesama teman sekampung.
  6. Persiapkan perlengkapan yang dibutuhkan saat berkendara nanti. Helm standar, jas hujan model stelan baju dan celana, tool dan kunci motor, obat-obatan ringan, sarung tangan, pengaman siku dan lutut, kaca mata dan perlengkapan lain yang diperlukan.

Nah, usahakan hal-hal yang bisa dipersiapkan dari jauh hari disiapkan dari sekarang, agar nanti ketika saat mau berangkat semua sudah beres. Lalu yang paling penting adalah kewaspadaan dan kepatuhan saat di jalan raya, serta jangan lupa untuk selalu berdoa demi keselamatan sampai di tempat tujuan. Selamat mudik.

Credit foto: motogokil.com

Anda mungkin juga berminat Lagi daripada pengarang

Ruangan komen telah ditutup.