Mudik dengan Motor Matik? Wajib Periksa Komponen Ini

Sebenarnya kendaraan roda dua atau motor bukanlah alat transportasi yang standar untuk digunakan ketika mudik, dikarnakan resiko sepeda motor juah lebih besar dari pada jenis angkutan lainnya, walapun demikian, masih banyak saja peminat dari kalangan masyarakat lebih memilih menggunakan sepeda motor sebagai kendaraan mudik dari tahun ke tahun.

Salah satu alasan kenapa masih banyak saja yang menggunakan sepeda motor untuk mudik adalah dikarnakan penggunaanya yang lebih simpel kemudian lebih cepat karna bisa menembus ditengah-tengah ramainya kemacatan serta lebih hemat. Inilah alasan mereka lebih memilih sepeda motor meski sudah banyak sekali contoh kecelakaan yang menimpa pengendara sepeda motor ketika arus mudik, tapi hal tersebut dihiraukan.

Dengan menggunakan sepeda motor juga bisa menempu jalan-jalan yang tidak bisa dilewati kendaraan roda empat seperti dikampung-kampung yang kondisi jalannya masih buruk, sehingga dengan sepeda motor mereka bisa berkunjung ke rumah-rumah saudara mereka di kampung halaman yang terdalam.

Motor matik dengan jenis transmisi otomatis masih meraih segmen penjualan motor terbanyak pada musim ini dibandingkan model bebek atau sport lainnya, contohnya saja seperti skuter matik atau skutik saat ini juga masih menjadi sorotan para masyarakat konsumen dan digunakan untuk mudik lebaran.

Motor skutik ini memiliki mesin dan beberapa kompenen yang berbeda dengan dua segmen motor lainnya bebek dan sport. Persiapan untuk mudik yang menempuh perjalanan jauh tentu saja sama saja, seperti yang dijelaskan mekanik Eka Jaya Motor, Zainal di Jakarta Barat, persiapan mungkin sama saja, akan tetapi ada beberapa perbedaan yang harus diperhatikan karna hal tersebut ada di motor matik akan tetapi tidak ada di motor bebek dan sport, karna itu penggunaan juga harus memeriksa komponen-komponen pentin ini sebelum mudik.’’

Komponen tersebut adalah ban belt dan filter udara. ‘’Kita harus memperhatikan dan harus memeriksa terus pada bagian penting yaitu ban belt dan filter udara, roller, busi, dan oli gardan. Hal ini bertujuan untuk kenyaman berkendara jauh ketika mudik kelak tanpa ada kendala apapun. Kalau sudah mencapai 17000 kilo meter, sebaiknya filter udara segera diganti dengan yang baru,’’ jelasnya.

Anda mungkin juga berminat Lagi daripada pengarang

Ruangan komen telah ditutup.