Mobil Hidrogen Honda Sudah Siap Untuk Menyaingi Toyota Mirai

Setelah cukup lama beredar dalam bentuk rumor, kini Honda pun secara resmi telah meluncurkan mobil yang berbahan bakar hydrogen di Jepang. Mobil yang yang diberi nama dengan nama Honda Clarity Fuel Cell ini dilahirkan sebagai pesaing berat Toyota Mirai yang sudah lebih dulu meluncur dengan meraih kesuksesan yang cukup baik.

Mobil yang sanggup menampung hingga lima orang penumpang tersebut adalah merupakan salah satu kendaraan yang digunakan Jepang untuk mempromosikan komuter masa depan yang ramah lingkungan. Untuk masalag penjualannya pun Honda tidak mau muluk-muluk untuk menjual Honda Clarity dengan jumlah yang banyak, dan targetnya hanya 200 unit per tahun di Jepang.

Menanggapi Honda Clarity, Presiden Honda yakni Takahiro Hachigo menaruh harapan besar pada mobil yang bertanaga hydrogen tersebut untuk mampu menjaga keseimbangan alam dimasa depan. Mengingat bahwa saat ini perubahan iklim turut mendorong sejumlah pabrikan untuk mengambil langkah terkait dengan bahan bakar pengganti yang lebih ramah lingkungan.

Seperti yang dikatakan oleh Takahiro yakni mengatakan bahwa sangat yakin bahwa kendaraan yang berbahan hydrogen dapat menjadi alternative dari bahan bakar bensin untuk mobilitas. Dan selain itu juga berkaitan dengan perubahan iklim seperti saat ini.

Dengan kapasitas tangki yang terisi penuh, Honda Fuel Cell Vehicle mampu menempuh jarak hingga 750 kilometer. Sedangkan untuk waktu pengisiannya, tangki hydrogen hanya membutuhkan waktu sekitar 3 menit saja. Apabila dilihat secara spesifikasi, Honda Clarity Full Cell memiliki tipe sel bahan bakar Polymer electrolyte full cell (PEPC) plus baterai lithium Ion dengan output maksimal 103 KW dan torsi maksimal mencapai 300Nm/0-3.500 rpm. Sedangkan untuk harga yang ditawarkan oleh Honda untuk mobil tenaga hydrogen terbarunya tersebut di bandrol dengan harga Rp. 875 jutaan.

Honda Clarity sendiri adalah kendaraan yang ramah lingkungan yang sudah disiapkan oleh Honda untuk masa depan, mobil yang bersegmen sedan ini adalah model yang menjadi solusi isu-isu pemanasan global serta pengurangan penggunaan bahan bakar fosil.

Sendangkan untuk saat ini sendiri, Jepang sedang serius untuk mengembangkan bahan bakar hydrogen sebagai alternative untuk energy masa depan dalam rangka penyambutan Olimpiade 2020. Demi mendukung trend ini, Jepang juga sudah mempersiapkan berbagai macam infrastruktur seperti stasiun bahan bakar hydrogen yang akan menjadi elemen penting dalam penerapan mobil ramah lingkungan di Jepang.

Rencananya setelah Jepan, Honda juga sudah siap untuk memasarkan mobil tersebut di wilayah Amerika sertikat dan juga Eropa mulai akhir tahun 2016 mendatang.

Ruangan komen telah ditutup.