Mobil Baru – Sirion 2018, Hatchback Irit Teranyar Daihatsu

Mobil Baru – Sirion 2018, Hatchback Irit Teranyar Daihatsu

Di pasar mobil Tanah Air, Daihatsu terkenal sebagai salah satu pabrikan yang rajin menghadirkan varian mobil dalam berbagai segmen kebutuhan. Sebagai pembuka tahun 2018 ini, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) sebagai pemegang Daihatsu Indonesia, merilis produk terbaru mereka, Daihatsu Sirion 2018. Pada produk terbaru ini, ADM menawarkan lebih banyak keunggulan yang sangat menarik melalui bagian interior yang terbilang sangat nyaman. Dengan ruang kabin yang luas, pengemudi serta penumpang akan dibuat betah berkat dukungan fitur hiburan yang komplit.

Daihatsu Sirion 2018 ditujukan untuk mengisi lini city car yang akan bersaing dengan cukup banyak mobil buatan deretan produsen kenamaan di Indonesia yang juga tak ingin kalah dalam persaingan pasar mobil lokal. Namun perlu Anda ketahui bahwa Daihatsu Sirion 2018 menerapkan kisaran harga yang cukup tinggi diantara pesaingnya yaitu 150 juta ke atas. Dengan banderol yang relatif lebih tinggi, tentu saja Sirion memiliki kualitas yang sebanding dengan harganya. Seperti apa hatchback terbaru ADM ini?

Desain

Sebagai salah satu produk Daihatsu, mobil ini lebih menawarkan desain yang berkesan lebih elegan sekaligus mewah. Hal ini jelas terlihat di bagian depan,  yang akan langsung memperlihatkan bumper depan berlapis chrome di bagian grill. Di sebelah kanan dan kiri ada fog lamp yang terpasang berdekatan dengan lampu LED utama. Kemudian di bagian belakang, terdapat lampu LED yang sanggup menghasilkan cahaya yang terang sebagai sinyal yang sangat jelas. Pada bagian atap, ada rear spoiler yang juga menggunakan LED ditemani antena fin di bagian belakang paling atas.

Di sisi interior, Sirion justru lebih menarik lagi untuk disimak. Pada bagian dashboard, Anda akan merasakan sensasi berkendara yang elegan. Ada pula glove box yang juga bisa digunakan sebagai tempat menaruh barang. Sementara untuk bagian kabin, Sirion bisa dibilang lebih luas jika dibanding mobil lain di kelasnya. Dengan ruang yang lebih leluasa ini, kenyamanan penumpang maupun pengemudi akan lebih terjamin. Selain itu, Daihatsu juga memberikan fitur standar yang terbilang wajib untuk mobil masa kaini seperti hiburan audio dan AC digital. Pun jika Anda ingin mengisi daya gadget selama dalam perjalanan, terdapat USB charger pada Daihatsu Sirion 2018. Jika slot tersebu dirasa kurang, masih ada power otlet untuk wall charger Anda.

Dengan harga yang lebih mahal dibanding Daihatsu Ayla, maka wajar saja apabila Sirion terbaru ini juga memiliki lebih banyak nilai plus. Mobil ini tercatat memiliki dimensi panjang 3.895 mm, lebar 1.735 mm serta tinggi 1.525 mm, jarak sumbu rodanya 2500 mm serta jarak pijak depan 1.475 mm dan belakang 1465 mm. Dengan ukuran body seperti ini, Sirion masih handal untuk diajak bergesit-gesit ria dalam kemacetan jalanan kota besar.

Performa

Menengok bagian dapur pacunya, Daihatsu Sirion 2018 dibekali dengan mesin tipe 1NR-VE, DOHC Dual VVT-I dengan 4 Silinder 16 Katup. Mesin ini memiliki kapasitas mencapai 1329 cc yang diklaim sanggup mengeluarkan tenaga hingga 95 PS dengan putaran mesin 6.000 rpm. Kemudian di torsi tertingginya, Sirion sanggup menyentuh angka 12,2 Kg.m di putaran mesin 4.200 rpm. Dengan demikiian, bisa dikatakan bahwa mesin yang diberikan Daihatsu untuk Sirion ini tergolong besar di kelasnya.

Sementara untuk tingkat konsumsi BBM, mesin dengan performa di atas nyatanya tidak akan terlalu haus bahan bakar. Hal ini berkat adanya dukungan penerapan teknologi Fuel Injection pda sistem penggunaan bahan bakar yang sanggup memasok bahan bakar dengan lebih efisien. Mesin yang handal namun irit BBM pastinya jadi keinginan setiap pemilik mobil, hal yang bisa diharapkan dari Daihatsu Sirion 2018. Sistem transmisi yang digunakan untuk mobil ini tersedia dalam 2 pilihan (manual – 5 speed) dan (otomatis 4 speed) yang tentunya bisa disesuaikan dengan selera dan kebutuhan Anda.

Suspensi

Bagian kaki-kaki memang menjadi hal penting yang pasti dipertimbangkan kebanyakan calon pemilik mobil. Sebagai salah satu city car, wajar bila Sirion 2018 langsung dibandingkan dengan produk dari produsen lain yang juga tak kalah pamor. Namun, hatchback buatan Daihatsu ini sanggup memberikan kualitas suspensi yang tergolong baik dengan pemilihan Mac Pherson Struts dengan coil spring dan stabilizer untuk kaki depan. Sementara suspensi belakang dipercayakan pada Torsion beam dengan coil spring dan stabilizer dimana kombinasi kedua tipe suspensi ini menjadi pilihan Daihatsu untuk suspensi yang nyaman dan aman. Saat diajak melaju berkecepatan tinggi, kaki-kaki tersebut bahkan terbilang sangat stabil dalam mempertahankan kemudi tetap di lintasan.

Sedangkan untuk bagian roda, ukuran ban yang digunakan adalah 185/55 R15 untuk varin transmisi manual dan otomatis. Kemudian sebagai penahan laju mobil hingga berhenti, Sirion 2018 menggunakan sistem Ventilated Disc Brake dengan Booster di sisi depan. Sementara sebagai pengurang kecepatan, terdapat tipe Drum, Leading & Trailing di bagian belakang. Kombinasi dua pengereman ini dikatakan sanggup bekerja dengan baik untuk spesifikasi Daihatsu Sirion 2018 tersebut.

Fitur

Lagi-lagi dengan banderol yang tergolong lebih tinggi, wajar jika Anda berharap lebih pada mobil Daihatsu teranyar ini. benar saja, Daihatsu Sirion 2018 memang memiliki banyak fitur antara lain fitur pengereman tambahan ABS (Anti-lock Brake System), EBD (Electronic Brakeforce Distribution) serta VSC (Vehicle Stability Control). Ada pula fitur keamanan seperti halnya Dual SRS Airbag, TRC, ISOFIX System hingga pengingat Seatbelt. Mobil ini juga memiliki fitur keamanan sensorik seperti halnya Immobilizer, Front Corner Sensor hingga Rear Parking Camera yang memudahkan Anda melihat bagian belakang mobil saat akan parkir. Sedangkan pada fitur entertainment, sistem audio yang telah terpasang menghasilkan suara yang berkualitas. Ada pula AC digital, Charger USB hingga Power Outlet yang disediakan demi kenyamanan dan fleksibilitas hiburan selama perjalanan. Daihatsu Sirion 2018 juga mempunyai spasi bagasi yang tergolong luas untuk membawa beberapa barang bawaan Anda saat liburan misalnya.

Dengan daftar spesifikasi dan kelebihan Daihatsu Sirion 2018 di atas, sudah terbilang wajar apabila mobil ini dibanderol seharga Rp. 182 juta sampai Rp. 193 juta. Tergolong lebih mahal jika dibanding produk lain di kelasnya, namun yang perlu dicatat adalah mobil buatan Daihatsu ini kaya akan fitur dan dibekali dengan dapur pacu yang sangat baik yaitu mesin 1NR-VE, DOHC dual VVT-i. Secara keseluruhan, Daihatsu Sirion 2018 ini memang menjadi salah satu pilihan yang sangat layak untuk dipertimbangkan. Terlebih dengan nama besar Daihatsu di pasar otomotif yang memang sudah tak perlu diragukan lagi. Dengan selisih harga sekitar Rp 10 jutaan, Anda pun bisa memilih tipe transmisi mobil yang ditawarkan. Untuk fitur secara garis besar, tak banyak perbedaan diantara kedua varian yang ditawarkan tersebut selain halnya tipe transmisi.

Anda mungkin juga berminat Lagi daripada pengarang

Ruangan komen telah ditutup.