Mencuci Helm Tidak Perlu Mahal

Usaha-Cuci-Helm
Usaha-Cuci-Helm | Sumber Gambar : tulisbaca.com

Mencuci Helm Tidak Perlu Mahal

Helm merupakan salah satu perangkat kendaraan yang paling penting dan diwajibkan bagi setiap pengendara bermotor untuk memakai Helm. Nah, karena sering digunakan tentunya pelindung kepala saat berkendara ini memang rawan terkena debu.

Dengan banyaknya kotoran yang melekat pada helm kesayangan anda, tentunya tidak ingin juga kan anda terkena dampaknya dari helm kotor anda tersebut yang nantinya bisa pindah ke rambut kepala? untuk mengatasi hal tersebut, sebaiknya helm dicuci secara rutin agar selalu dalam keadaan bersih.

Untuk membersihkannya juga tidak perlu biaya yang mahalkan, meskipun banyak sekali yang menawarkan jasa untuk membersihkan helm, tapi sebaiknya anda terbiasa untuk membersihkan milik anda sendiri. Memang mencuci helm memang tak segampang mencuci motor, namun tetap bisa dilakukan dengan sedikit ketelatenan.

Tak perlu pakai mesin, hanya menggunakan tangan dan dengan mencuci helm sendiri, maka kita bisa memilih untuk menghindari zat kimia dalam proses pencuciannya.

Untuk itu, BINTOM kini akan memberikan beberapa tips untuk anda agar bisa membersihkan helm kesayangan anda.

Berikut tips membersihkan helm :

1. Buka komponen terpenting terlebih dahulu sebelum mencucinya
Lepaslah bagian dalam dari helm, seperti busanya baik yang bagian atas maupun bagian bawahnya. Tak perlu khawatir untuk rusak, sebab busa tersebut bisa dipasang lagi.

Baca Juga :

2. Cucilah helm anda dengan menggunakan sabun, jangan hanya air biasa
Untuk memastikan agar helm benar-benar bersih, Anda dapat menggunakan sabun cair. Tak perlu khawatir soal cat, karena pada dasarnya helm bermerek sudah punya lapisan pelindung cat berkualitas tinggi. Gosok dengan tangan dan bersihkan bagian yang dianggap kotor.

3. Bilas dengan air hingga bersih
Setelah membersihkan helm dengan sabun, langkah selanjutnya adalah dengan membilas helm tanpa menyisakan sabun cair pada helm. Ciri kalau helm masih mengandung sabun adalah permukaan yang licin.

4. Keringkan dengan lap khusus seperti kanebo
Setelah memastikan helm benar-benar bersih, maka Anda bisa mengeringkan helm dengan cara diangin-anginkan. Sebaiknya Anda menghindari proses pengeringan helm dengan cara dijemur di bawah sinar matahari langsung.

Anda mungkin juga berminat Lagi daripada pengarang

Ruangan komen telah ditutup.