Luncurkan Quadricycle, Bajaj Di Banjir Banyak Protes

BintangOtomotif.com – Bajaj yang selama ini kita tau merupakan salah satu produsen sepeda motor ataupun kendaraan roda tiga yang cukup tersohor di Indonesia sebagai kendaraan komersil baru – baru ini membuat sebuah terobosan baru. Bajaj rupanya tidak puas hanya dengan memproduksi kendaraan roda dua dan roda tiga saja namun saat ini Bajaj juga sedang melakukan pengembangan pada kendaraan konsep roda empat mereka. Namun yang saat ini menjadi pertanyaan akankah produsen motor Bajaj ikut meramaikan pasar otomotif dengan produksi mobil milik mereka ?

Ternyata Bajaj tidak mengeluarkan mobil seperti pada umumnya namun yang saat ini sedang dikembangakan oleh perusahaan otomotif bajaj adalah sebuah mobil roda empat yang memiliki mesin identik dengan sepeda motor. Istilah untuk produk Bajaj yang satu ini dalam dunia otomtif biasa disebut quadricycle. Quadricycle pertama besutan Bajaj yang diberi nama RE60 tersebut kabarnya akan mememiliki spesifikasi yang sama dengan salah satu sepeda motor miliki Bajaj. Rencananya RE60 ini akan didukung dengan mesin 216 cc dengan silinder tunggal DTS-I yang akan dikombinasikan dengan girboks manual melalui empat percepatan. Mesin yang terdapat pada Bajaj RE60 ini diperkirakan mampu menghasilkan tenaga hingga 19.6 Tk dan Bajaj sendiri mengklaim bahwa mesin yang mereka gunakan ini sanggup menghasilkan konsumsi bahan bakar antara 30 sampai dengan 35 kilometer per satu liter.

Dalam proses pengembangannya sendiri QuadriCycle buatan Bajaj ini juga sudah didukung oleh pemerintah India dan rencananya akan diproduksi dengan segementasi kendaraan komersial. Bajaj RE60 juga direncanankan untuk menempati posisi di atas Bajaj roda tiga, sehingga penjualan Bajaj RE60 dipasar otomotif tidak akan menggangu pasar daru Bajaj roda tiga. Selain untuk kendaraan umum Bajaj RE60 ini juga akan diproduksi sebagai kendaraan pribadi. Bajaj RE60 yang rencananya akan segera di pasarkan ini mendapat banderol harga mulai dari 200 ribu rupee atau jika disetarakan ke dalam rupiah adalah sekitar Rp. 43,9 jutaan. Bajaj RE60 diproyeksikan menjadi sebuah kendaraan transportasi alternatif yang lebih aman daripada Bajaj roda tiga.

Meski saat ini pemerintah India sudah memberikan lampu hijau untuk pengerjaan RE60, namun Bajaj malah mendapatkan hal yang kontras dari masyarakat umum. Bajaj RE60 yang baru saja diperkenalkan langsung menuai banyak protes, Bajaj RE60 dianggan akan menggangu stabilitas para supir Bajaj roda tiga di negeri India. Selama ini memang supir Bajaj di India sudah terbiasa menggunakan SIM untuk kendaraan roda tiga, namun dengan adanya RE60 ini bisa saja memungkinkan para supir untuk mengubah Surat Ijin Mengemudi (SIM) milik mereka menjadi mirip SIM kendaraan roda empat alias Mobil. Dengan adanya terobosan baru ini diharapkan RE60 ini bisa bersaing dengan produk – produk local lainnya.

Anda mungkin juga berminat Lagi daripada pengarang

Ruangan komen telah ditutup.