LIPI Lakukan Uji Elektromagnetik pada Mobil Listrik

BINTANGOTOMOTIF.COM – LIPI Lakukan Uji Elektromagnetik Pada Mobil Listrik. LIPI itu apa sih? LIPI adalah Lempaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Banyak orang yang beranggapan bahwa mobil mobil yang menggunakan tenaga listrik adalah ramah lingkungan padahal penelitian Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) mengemukakan bahwa mobil yang perlengkapan berbagai macam alat elektronik yang canggih n modern justru bisa menimbulkan emisi elektromagnetik. Oelh karena itu adanya mobil listrik harusnya di tinjau ulang.

Emisi Elektromagnetik yang di timbulkan oleh mobil listrik tidak bisa di anggap remeh dan dipandang oleh sebelah mata. Hal ini di karenakan Emisi elektromagnetik mempunyai radiasi yang dapat mengganggu kinerja perangkat elektronik lainnya. Seperti contoh pada saat mobil lewat ataupun sepeda motor yang lewat memakai knalpot grung maka pada gambar siaran televesi akan terjadi sebuah gangguan, diantaranya gambarnya bergaris – garis dan bersuara tretet tretet. Hal ini juga di tegaskan oleh Kepala Pusat Penelitian Sistem Mutu dan Teknologi Pengujian (p2 SMTP).

Gangguan seperti itu bisa terjadi pada mobil konvensional yang memakai system kerja berbasis Electronic Control Unit (ECU). Hal ini akan terjadi lebih dari itu apabila yang melintas adalah sebuah mobil listrik.

mobil listrik,mobil listrik buatan Indonesia,mobil listrik Indonesia,mobil listrik murah,mobil listrik nasional
Harry Juga menegaskan” itu kan yang sederhana, bagaimana kalau dirumah sakit? Kita tahu di situ ada alat bedah, bisa kita bayangkan kalau alat bedah tersebut bergeser karena efek elektromagnetik saat di gunakan? Ini yang tidak pernah dipikirkan sebelumnya. Hamper semua produk yang kita lihat sekarang berbasis dengan listrik dan elektronik. Dengan perkembangan teknologi ini maka perlu ada aturan tentang Electromagnetik Compability (EMC)”.

EMC adalah kemampuan suatu system untuk bekerja secara normal di lingkungan elektromagnetik tanpa di pengaruhi oleh intervensi lingkungan sekitar. LIPI berharap EMC akan di terapkan dalam semua produk mobil listrik agar batas emisi elektromagnetik menjadi seragam dan menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman.

Anda mungkin juga berminat Lagi daripada pengarang

Ruangan komen telah ditutup.